Kompas TV olahraga sepak bola

BREAKING NEWS! Hasil Indonesia vs Thailand, Skor 5-2: Garuda Raih Medali Emas SEA Games 2023!

Kompas.tv - 16 Mei 2023, 22:26 WIB
breaking-news-hasil-indonesia-vs-thailand-skor-5-2-garuda-raih-medali-emas-sea-games-2023
Striker Timnas U22 Indonesia Ramadhan Sananta meryakan golnya ke gawang Thailand dalam final SEA Games 2023 di Stadion Olympic, Phnom Penh, Selasa (16/5/2023). (Sumber: PSSI)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Vyara Lestari

PHNOM PENH, KOMPAS.TV - Timnas U22 Indonesia berhasil meriah medali emas SEA Games 2023 Kamboja usai mengalahkan Thailand. 

Hasil Indonesia vs Thailand dalam pertandingan final sepak bola SEA Games 2023 yang berlangsung di Stadion Olympic, Phnom Penh, Selasa (16/5/2023) malam WIB berkesudahan dengan skor 5-2 usai dua kali babak tambahan. 

Gol-gol kemenangan Indonesia dicetak oleh Ramadhan Sananta (20', 45+5') dan tiga gol di babak tambahan lewat Irfan Jauhari (91') dan Fajar Faturrahman (107') dan Beckham Putra (120')

Sementara Thailand sempat memperkecil ketertinggalan lewat tandukan Anan Yodsangwal menit ke-65.

Kemudian, secara dramatis Thailand mampu menyamakan kedudukan lewat gol Yotsakon Burapha pada menit 90+9. Pertandingan harus dilanjutkan ke babak adu penalti. 

Ini merupakan medali emas SEA Games pertama Indonesia sejak 1991 silam.

Baca Juga: HT Indonesia vs Thailand: Dwigol Ramadhan Sananta Bawa Garuda Unggul 2-0

Jalannya Pertandingan

Turun dengan skuad terbaik, Timnas U22 langsung mengambil inisiatif menyerang sejak awal pertandingan. 

Indonesia mengancam lebih dulu melalui aksi Marselino Ferdinan pada menit keempat. Tetapi, tendangan spekulasi Marselino masih melambung di atas mistar. 

Thailand nyaris membobol gawang Indonesia pada menit kesembilan. Kiper Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi nyaris membuat blunder dengan keluar dari sarangnya. 

Beruntung, Ernando berhasil menjegal pemain Thailand kendati harus menerima kartu kuning. 

Indonesia akhirnya mencetak gol lebih dulu lewat tandukan Ramadhan Sananta menit ke-20. 

Baca Juga: Laga Final Timnas Indonesia Lawan Thailand, Pengamat: Harusnya Bisa Menang!

Berawal dari umpan lemparan ke dalam dari Alfeandra Dewangga, Sananta sukses menanduk bola ke arah gawang. Bola sempat membentur kaki dari bek Thailand sebelum menggetarkan jala gawang. 

Ramadhan Sananta berhasil menggandakan keunggulan Indonesia berkat gol chip-nya pada pengujung babak pertama, tepatnya menit (45+5'). 

Keunggulan 2-0 Indonesia bertahan hingga babak pertama berakhir. 

Berlanjut ke babak kedua, Thailand giliran mengambil inisiatif menyerang. Tim Gajah Perang beberapa kali mengancam gawang Indonesia yang dijaga Ernando Ari. 

Usaha keras Thailand untuk memperkecil ketertinggalan akhirnya berbuah pada menit 65. Anan Yodsangwal berhasil membobol gawang Ernando usai meneruskan umpan dari sepak pojok. 

Dua menit berselang, Indonesia nyaris menambah gol lewat aksi Fajar Faturrahman. Sayang, tendangan keras Fajar hanya menyamping tipis dari gawang Thailand yang dijaga Soponwit Rakyart. 

Baca Juga: Strategi Indra Sjafri Kalahkan Thailand dan Bawa Pulang Emas SEA Games 2023



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x