Kompas TV olahraga sports

SEA Games 2023: Bendera Indonesia Dikibarkan Terbalik, Kamboja Minta Maaf

Kompas.tv - 5 Mei 2023, 21:11 WIB
sea-games-2023-bendera-indonesia-dikibarkan-terbalik-kamboja-minta-maaf
Para penari membawa bendera Indonesia dalam posisi terbalik dalam upacara pembukaan SEA Games XXXII/2023 Kamboja di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Jumat (5/5/2023). (Sumber: ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

PNOM PENH, KOMPAS.TV - Kamboja telah menyatakan permohonan maaf resmi atas kejadian bendera Merah Putih yang terbalik pada pre-show opening ceremony yang disiarkan live di akun YouTube Press Office of The Council of Ministers Cambodia, Jumat (5/5/2023).

Atas adanya insiden tersebut, Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) langsung mengirimkan surat keberatan kepada Panitia Penyelenggara SEA Games 2023 Kamboja (CAMSOC).

Insiden bendera Merah Putih yang dikibarkan terbalik itu bermula saat salah satu penyanyi lokal Kamboja tampil diiringi penari yang membawa bendera 11 negara peserta SEA Games 2023, termasuk Indonesia.

Namun, para penari yang membawa bendera Indonesia terlihat membawa bendera dalam posisi terbalik, warna putih berada di atas dan merah berada di bawah.

Setelah mengirimkan surat keberatan, Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal NOC Indonesia, Harry Warganegara, menjelaskan Kamboja telah menyampaikan permintaan maaf kepada Indonesia atas kejadian bendera Indonesia yang terbalik.

Pihak tuan rumah juga bertindak cepat dan memastikan kejadian serupa tidak terulang di Opening Ceremony.

“Kamboja sudah meminta maaf secara langsung kepada kami, dan bertindak cepat sehingga kejadian tersebut tidak terulang di opening ceremony,” kata Harry dalam rilis dikutip dari Kompas.com Jumat (5/5/2023) malam.

Isi Surat Keberatan Indonesia kepada Kamboja

NOC Indonesia telah mengirimkan keberatan secara resmi melalui surat bernomor 5.5.2/NOC-INA/SET/2023 tertanggal 5 Mei yang ditandatangani Harry Warganegara.

Baca Juga: Bendera Indonesia Terbalik dalam Pre Show Opening Ceremony SEA Games 2023

Surat tersebut ditujukan kepada Sekretaris Jenderal NOC Kamboja dan CEO CAMSOC Vath Chamroeun.

“NOC Indonesia secara resmi menyampaikan keberatan kepada CAMSOC yang salah memasang bendera Indonesia dengan benar sebelum dimulainya Opening Ceremony 32th SEA Games 2023 di Stadion Morodok Techno National Stadium, Phnom Phen,” kata Harry dalam surat tersebut.

“Penempatan bendera kami yang terbalik tidak dapat diterima karena kami telah memberi tahu CAMSOC berkaitan dengan pemasangan bendera Indonesia yang telah disetujui sebelumnya."

"Kami berharap ada perbaikan yang dilakukan pada Opening Ceremony dan menanti tindakan cepat Anda.”

Opening Ceremony SEA Games 2023 sejatinya dijadwalkan berlangsung pada pukul 19.00 waktu setempat.

Akan tetapi, para penonton yang ingin menyaksikan secara langsung upacara pembukaan tersebut diminta untuk datang lebih cepat sebelum acara dimulai.

Dalam jeda waktu tersebut, penyelenggara menyuguhkan pre-show sebelum dimulainya opening ceremony yang ditayangkan langsung melalui kanal YouTube.

SEA Games 2023 merupakan edisi ke-32 ajang olahraga multi-event antar negara Asia Tenggara di mana ini menjadi pertama kalinya Kamboja ditunjuk sebagai tuan rumah.

Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2023 Kamboja dipimpin Chef de Mission (CdM) Lexyndo Hakim yang bakal berpartisipasi di 31 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Baca Juga: SEA Games 2023, Kontingen Tinju Indonesia Targetkan Raih 2 Medali Emas



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x