Kompas TV olahraga sepak bola

PDI-P Bantah Ganjar dan Wayan Koster Jadi Penyebab Piala Dunia U20 Batal: Masalahnya di FIFA!

Kompas.tv - 31 Maret 2023, 20:03 WIB
pdi-p-bantah-ganjar-dan-wayan-koster-jadi-penyebab-piala-dunia-u20-batal-masalahnya-di-fifa
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali I Wayan Koster disorot setelah FIFA mencopot Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023. (Sumber: Kolase Tribunnews)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Politisi PDI-P Adian Napitupulu membantah bahwa penolakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali I Wayan Koster terhadap keikutsertaan Israel, menjadi penyebab FIFA membatalkan Piala Dunia U20 di Indonesia.

Dalam program Kompas Petang Kompas TV, Jumat (31/3/2023), Adian mengatakan masalahnya ada pada FIFA karena penolakan yang disampaikan oleh Ganjar dan Wayan Koster sama sekali tidak disertai dengan ancaman negatif seperti pemboikotan.

"Yang jadi masalah bukan sikap menolak atau menerima. Yang jadi masalah adalah argumentasi penolakannya," kata Adian.

"Apakah ada unsur kebencian rasisme di situ? Tidak. Apakah ada unsur kebencian hal-hal lain terkait etnis dan sebagainya? Tidak. Apakah ada unsur fitnah? Tidak. Apakah ada unsur-unsur negatif lainnya? Tidak."

"Apa yang disampaikan karena tiga hal, historis, ideologis dan kemanusiaan. Salahnya di mana dia menyampaikan itu? Kenapa kita menjadi diktator buat yang lain? Bahwa penyelenggaranya secara nasional adalah Republik Indonesia, bukan Solo dan bukan Bali."

"Nah kalau kemudian dikatakan kegagalan ini karena surat dari Pak Koster dan Pak Ganjar, saya mau tanya, FIFA itu organisasi apa? FIFA itu berdiri tahun 1904, ada 211 negara di dalamnya. Sudah melewati perang dunia pertama, perang dunia kedua, ribuan ancaman, ribuan sikap lain yang dinyatakan tertulis maupun tidak," lanjutnya.

"Apakah benar hanya karena satu surat Pak Koster dan satu pernyataan Pak Ganjar, lalu dia dibatalkan? Apakah sehebat itu Pak Ganjar dan Pak Koster?"

"Surat itu tidak punya ancaman apa pun. Ancaman demonstrasi, ancaman boikot, ancaman kerusuhan dan sebagainya, tidak ada!"

"Tapi sebagai bagian dari rakyat ini, mereka punya hak untuk menyatakan sikap dan pemikiran-pemikirannya selama tidak berangkat dari kebencian rasisme, etnis dan sebagainya."

"Masalahnya di mana? Masalahnya di FIFA," tegas Adian.

Baca Juga: Ganjar : Sudah Enggak Usah Saling Menyalahkan ...

Menanggapi pernyataan Adian tersebut, Koordinator Save Our Soccer Akmal Marhali mengatakan penolakan dari kedua kepala daerah tersebut berpengaruh karena wilayahnya menjadi venue untuk penyelenggaraan Piala Dunia U20.

"Posisinya adalah Pak Ganjar dan Pak Wayan Koster adalah pejabat publik yang memberikan government guarantee ketika kita bidding mencalonkan Piala Dunia, bagian dari pemerintah," ujarnya.

Akmal juga menambahkan, "Keputusan Pak Ganjar dan Pak Wayan Koster adalah keputusan partai. Saya dengar itu semua dari Sekjen PDI Perjuangan bahwa itu kebijakan partai, kita menolak, karena PDI Perjuangan punya ideologi tidak menerima Israel sebagai peserta."

Adian lalu menimpali, "Kalau kemudian Partainya menyampaikan sikap yang sama, masalahnya di mana? Yang terpenting adalah ada ancaman tidak di balik itu?"



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x