Kompas TV olahraga sports

Komentator Legendaris Inggris John Motson Meninggal Dunia di Usia 77 Tahun

Kompas.tv - 23 Februari 2023, 18:03 WIB
komentator-legendaris-inggris-john-motson-meninggal-dunia-di-usia-77-tahun
Komentator sepak bola Inggris, John Motson, saat mengamati sebuah pertandingan pada 13 Mei 2018. BBC mengumumkan meninggalnya Motson di usia 77 tahun pada Kamis, 23 Februari 2023. (Sumber: Dominic Lipinski/PA via AP)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Purwanto

LONDON, KOMPAS.TV - Komentator sepak bola legendaris asal Inggris, John Motson, meninggal dunia pada usia 77 tahun, Kamis (23/2/2023). 

Kepergian Motson itu diumumkan oleh BBC, stasiun TV tempatnya berkarir seama 50 tahun di dunia olahraga. 

"Komentator legendaris John Motson, yang memiliki karir 50 tahun yang terkenal dengan BBC, telah meninggal pada usia 77 tahun," bunyi pernyataan tersebut. 

Pihak keluarga juga turut mengeluarkan pernyataan yang berbunyi: "Dengan sangat sedih kami mengumumkan bahwa John Motson OBE meninggal dengan tenang dalam tidurnya hari ini (Kamis)."

Motson yang juga dikenal dengan panggilan "Motty" merupakan salah satu komentator di Inggris yang suaranya paling dikenal. 

Baca Juga: Manchester United dan Crystal Palace Didakwa FA usai Kericuhan di Laga Liga Inggris

Selama kariernya menjadi komentator, Motson meliput 10 Piala Dunia, 10 Kejuaraan Eropa, 29 final Piala FA, dan lebih dari 200 pertandingan Inggris. 

Suara Motson juga terdengar di sejumlah video game FIFA antara tahun 1996 dan 2008.

Motson memulai kariernya di dunia jurnalistik saat menjadi reporter surat kabar di Barnet dan di Sheffield Morning Telegraph. 

Pada 1968, ia lalu bergabung dengan BBC sebagai presenter olahraga di Radio 2.

Komentar Motson saat gol tendangan jarak jauh terkenal Ronnie Radford yang membantu tim non-Liga Hereford menyingkirkan tim papan atas Newcastle dari Piala FA pada tahun 1972 membuatnya mendapat sorotan dan menjadi favorit di program Match of The Day.

Momen lain Motson adalah ketika dia menjadi komentator di dua Olimpiade serta saat kemenangan final Piala FA 1988 yang tak terlupakan Wimbledon melawan Liverpool di Wembley saat Crazy Gang mengalahkan Culture Club.

Diberikan OBE pada tahun 2001 untuk layanan penyiaran, Motson menutup mikrofonnya untuk BBC pada akhir musim Liga Inggris 2017-18.

Ia juga mendapat penghargaan di British Academy Film and Television Awards (Bafta) pada 2018 atas "kontribusinya yang luar biasa pada penyiaran olahraga".

Baca Juga: Daftar Transfer Lengkap Liga Inggris Januari 2023: Wolves Paling Aktif, Chelsea Terboros



Sumber : BBC Sports/Sky Sports


BERITA LAINNYA



Close Ads x