Kompas TV olahraga badminton

Daftar 92 Atlet Pelatnas PBSI Tahun 2023: Masih Didominasi Nama Lama

Kompas.tv - 10 Januari 2023, 20:33 WIB
daftar-92-atlet-pelatnas-pbsi-tahun-2023-masih-didominasi-nama-lama
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, mencoba mengembalikan kok ke arah Chou Tien-chen (China Taipei) dalam laga grup B BWF World Tour Finals di Bangkok, Thailand, Jumat, 9 Desember 2022. (Sumber: AP Photo/Sakchai Lalit)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - PP PBSI telah mengumumkan daftar 92 atlet pemusatan latihan nasional (pelatnas) untuk tahun 2023.

Dari 92 atlet pelatnas PBSI yang tertulis dalam Surat Keputusan PP PBSI nomor SKEP/002/1.3/I/2023 perihal promosi, degradasi dan kategori atlet pemusatan latihan nasional (pelatnas) tahun 2023 yang ditandatangani langsung oleh Ketua Umum Agung Firman Sampurna dan Sekretaris Jenderal Moh. Fadil Imran, nama-nama lama masih mendominasi daftar. 

Meski begitu, ada pula sejumlah nama atlet baru yang lolos ke pelatnas PBSI lewat jalur seleksi nasional, dan jalur pemantauan prestasi. 

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky, berharap semua atlet yang bergabung ke pelatnas bisa menunjukkan performa yang maksimal, baik saat latihan maupun pertandingan.

“Sebagian besar atlet yang dipanggil sudah merasakan pelatnas di tahun sebelumnya. Jadi saya rasa mereka sudah tidak ada kendala. Sekarang bagaimana terus meningkatkan penampilan, mengingat turnamen sudah mulai normal dan persaingan sangat ketat,” tutur Rionny dikutip dari laman resmi PBSI. 

“Bagi yang baru masuk, mereka harus menunjukkan yang terbaik. Masuk ke sini (pelatnas) tidak mudah, mereka sudah kerja keras sekali, jadi jangan disia-siakan. Harus lebih rajin, kemauannya harus lebih juga,” ucap Rionny. 

Sementara mengenai nama atlet yang dipulangkan dari pelatnas PBSI, Rionny mengatakan bahwa tidak ada perubahan dari sisi penilaian di mana semua sudah sesuai dengan kriteria dan parameter yang ditetapkan. 

Baca Juga: Hasil Malaysia Open 2023: Menang, The Daddies dan Fajar/Rian Melaju ke 16 Besar

"Ada beberapa atlet yang kami pulangkan setelah melihat beberapa standar parameter yang tidak terpenuhi. Misalnya, raihan prestasi yang tidak sebanding dengan usia dan durasi mereka di pelatnas hingga karakter dan faktor cedera."

"Tapi ada juga atlet yang masih kami berikan kesempatan enam bulan ke depan untuk penilaian terakhir dan ada atlet yang pindah dari tunggal putri ke ganda putri, Siti Sarah Azzahra. Kami melihat dia ada potensi di situ,” lanjut Rionny.

“Kami tetap berterima kasih kepada atlet-atlet yang dipulangkan atas prestasi yang telah mereka berikan selama ini. Kami berharap mereka semua bisa sukses apapun karier yang dipilih nantinya di luar pelatnas,” imbuh pria kelahiran Ternate tersebut.

Rionny juga menambahkan, para atlet pelatnas PBSI untuk tahun 2023 akan difokuskan untuk ajang Olimpiade 2024 mendatang. 

Kualifikasi untuk pesta olahraga yang akan dihelat di Paris itu akan dimulai pada 1 Mei 2023 dan berakhir pada 28 April 2024.

Selain mengumumkan nama atlet pelatnas, PBSI juga 24 pelatih yang terdiri dari 18 pelatih teknik dan enam pelatih fisik. 

Berikut daftar 92 atlet pelatnas PBSI untuk tahun 2023.

Baca Juga: Rekap Hasil 32 Besar Malaysia Open 2023: 9 Wakil Indonesia Menang, Rinov/Pitha Terhenti



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x