Kompas TV olahraga sepak bola

Piala AFF 2022: Timnas Indonesia Diminta Waspadai Teror Suporter Vietnam

Kompas.tv - 8 Januari 2023, 19:41 WIB
piala-aff-2022-timnas-indonesia-diminta-waspadai-teror-suporter-vietnam
Marselino Ferdinan berduel dengan Nguyen Huang Duc pada laga leg pertama semifinal Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia vs Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat (6/1/2023). (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengamat sepak bola, Anton Sanjoyo, mewanti-wanti Timnas Indonesia agar mewaspadai teror suporter Vietnam jelang laga leg kedua semifinal Piala AFF 2022 yang akan berlangsung Senin (9/1/2023). 

Pria yang akrab disapa Bung Joy itu pun berharap Shin Tae-yong bisa menyiapkan timnya dengan bagus, baik secara fisik dan mental. 

"Satu-satunya keuntungan Indonesia adalah bahwa Vietnam tidak bisa mencetak gol di GBK sehingga mereka tidak punya catatan gol tandang," kata Bung Joy dalam program Kompas Petang Kompas TV, Minggu (8/1/2023). 

"Sementara Indonesia saat ini, punya peluang untuk mencatatkan gol tandang. Hasil imbang 1-1 atau 2-2 cukup untuk membuat Indonesia lolos."

"Tapi masalahnya, bermain di Hanoi ini bukan hal yang mudah. Karena menurut pengalaman saya, pendukung Vietnam ketika di kandang itu lebih brutal sorakannya. Dengan puluhan ribu penonton, itu lebih bergelora dibandingkan dengan stadion yang ada di Indonesia."

"Jadi itu memang tantangan yang besar sekali bagi Shin Tae-yong untuk membuat pemain tampil percaya diri tampil di hadapan pendukung tuan rumah yang menurut saya akan berpengaruh, terutama kepada permainan Vietnam nanti," tuturnya. 

Sementara mengenai susunan pemain, Bung Joy melihat seharusnya tak banyak yang diubah Shin Tae-yong di lini belakang dan tengah. 

Tapi menurutnya, harus ada perubahan di lini serang agar bisa tampil lebih tajam untuk mencetak gol. 

Baca Juga: Piala AFF 2022: Shin Tae-yong Yakin Timnas Indonesia Bisa Kalahkan Vietnam

"Saya rasa di lini belakang sudah solid ya. Sementara di lini tengah, Marc Klok sudah cukup mobile. Dia punya inteligensia yang cukup (bagus) ya karena dia bisa membuat irama permainan itu berbeda."

"Kadang-kadang dia membuat passing terobosan pendek, kadang dia long passing. Itu yang tidak dipunyai Indonesia selama ini." 

"Menurut saya, belakang dan tengah harus dipertahankan karena itu yang terbaik. Mungkin yang harus diubah di lini depan," tambah Bung Joy. 

Peluang ke Final Piala AFF 2022



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x