Kompas TV olahraga sepak bola

Piala AFF 2022: Shin Tae-yong Yakin Timnas Indonesia Bisa Kalahkan Vietnam

Kompas.tv - 8 Januari 2023, 18:23 WIB
piala-aff-2022-shin-tae-yong-yakin-timnas-indonesia-bisa-kalahkan-vietnam
Shin Tae-yong yakin Timnas Indonesia bisa mengalahkan Vietnam pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022 yang akan dimainkan di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Senin (9/1/2023) besok. (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

HANOI, KOMPAS.TV - Shin Tae-yong punya keyakinan besar Timnas Indonesia bisa mengalahkan Vietnam pada laga leg kedua semifinal Piala AFF 2022, Senin (9/1/2023) besok. 

Kepercayaan diri Shin Tae-yong itu didasari performa Timnas Indonesia yang saat ini sudah tidak tertinggal dari tim berjuluk The Golden Star itu. 

"Ketika saya menangani Timnas Indonesia, penampilan skuad lebih baik. Performa kami sama dengan Vietnam," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers sebelum pertandingan di Hanoi, Minggu (8/1/2022), dikutip dari Antara

Menurut juru taktik asal Korea Selatan tersebut, kesetaraan kualitas itu salah satunya terlihat saat Indonesia menahan imbang Vietnam tanpa gol pada leg pertama semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Utama Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/1).

Setelah Indonesia mengalami kekalahan 4-0 atas Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2022, sejak saat itu, Shin Tae-yong belum pernah kalah lagi dari Park Hang-seo. 

Pada Piala AFF 2020, skuad Garuda berhasil menahan imbang Vietnam dengan skor 0-0.

Sementara pada leg pertama semifinal Piala AFF 2022 pada Jumat lalu, Fachrudin Aryanto dkk kembali meraih hasil imbang 0-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno. 

Meski begitu, Shin Tae-yong belum pernah mengalahkan Vietnam di level senior. 

"Timnas Indonesia sudah stabil dan lebih baik daripada sebelumnya," tambahnya. 

Baca Juga: Piala AFF 2022: Shin Tae-yong Sebut Fisik Timnas Vietnam Terkuras karena Perjalanan Panjang


Lebih lanjut, Shin Tae-yong pun yakin Timnas Indonesia bisa menang atas Vietnam pada pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2022 besok. 

Meski Indonesia sering buang-buang peluang di lini depan, coach STY yakin finishing pemainnya jauh lebih baik daripada pasukan Vietnam. 

“Memang harus baik hasil dalam pertandingan besok dan kita pun memang mempersiapkan pertandingan dengan semaksimal mungkin. Kita datang untuk menang. Para pemain sangat baik dalam kepercayaan diri,” lanjutnya. 

“Vietnam memang tim yang baik dalam organisasi dan cenderung bertahan, kami pun berpikir memang kami pernah kemasukan gol tapi untuk finishing, kami di atas Vietnam, jadinya besok akan jadi pertandingan yang baik untuk saya,” jelasnya. 

Terakhir, Shin Tae-yong juga menegaskan ingin menyelesaikan pertandingan selama 90 menit dan tak mau jika harus berlanjut ke extra time atau bahkan adu penalti. 

“Kedua tim sama saja pastinya akan mempersiapkan final, pastinya sama kami juga tidak akan berpikir mau seri, 1 persen pun tak ada, jadi kami akan memikirkan final dan menyelesaikan pertandingan dalam 90 menit,” pungkas Shin Tae-yong. 

Pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Indonesia akan digelar di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Senin (9/1/2023), pukul 19.30 WIB.

Berbekal hasil imbang 0-0 pada leg pertama, Timnas Indonesia harus bisa menang atau setidaknya menahan imbang dengan gol agar bisa lolos ke partai final Piala AFF 2022. 

Baca Juga: Semifinal Piala AFF 2022: Kata Pengamat soal Peluang Timnas Indonesia Kalahkan Vietnam di Leg Kedua



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.