Kompas TV olahraga badminton

Final Kejuaraan Dunia Junior 2022: Ganda Putri Trias/Rachel di Ambang Cetak Sejarah untuk Indonesia

Kompas.tv - 30 Oktober 2022, 14:36 WIB
final-kejuaraan-dunia-junior-2022-ganda-putri-trias-rachel-di-ambang-cetak-sejarah-untuk-indonesia
Pasangan ganda putri Meilsya Trias Puspita Sari/Rachel Allessya Rose berhasil melaju ke final BWF World Junior Championship 2022. (Sumber: PBSI)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Purwanto

SANTANDER, KOMPAS.TV - Ganda putri Meilsya Trias Puspita Sari/Rachel Allessya Rose menorehkan sejarah manis bagi Indonesia apabila mampu mengalahkan lawan tandingnya di final BWF World Junior Championship 2022 atau Kejuaraan Dunia Junior. 

Trias/Rachel akan menjadi wakil ganda putri Indonesia pertama yang memenangi kejuaraan itu dalam kurun waktu 21 tahun gelaran tersebut. Namun mereka masih harus menghadapi lawan tanding terakhir di kejuaran ini, Liu Shengshu/Wang Ting Ge.

Trias/Rachel melaju ke final seusai mengalahkan pasangan asal Jepang unggulan ke-15, Rui Kiyama/Kanano Muroya lewat laga sengit. 

Dalam duel yang berlangsung di Palacio de Deportes de Santander, Spanyol, Sabtu (29/10/2022) malam WIB itu, Trias/Rachel menang 12-21, 21-19, 21-14. 

Baca Juga: Jadwal Kejuaraan Dunia Junior 2022: Malam Ini, Dua Pasangan Indonesia di Final

“Rasanya senang sekali. Bukan hanya karena kami menang dan ke final tapi tadi kami mampu lepas dari tekanan dan ketegangan,” ujar Trias dilansir dari laman resmi PBSI.

“Kami tegang saat masuk lapangan tadi, banyak pikiran mengganggu. Kami juga merasa kurang yakin dengan kemampuan diri sendiri. Akibatnya di gim pertama mainnya tidak lepas, banyak out dan nyangkut net,” sambung Rachel.

“Di gim ketiga kami melihat mereka menurun kondisinya. Itu kami manfaatkan untuk terus mengontrol permainan. Saya juga terus bilang ke Trias bahwa kami bisa dan lebih kuat dari mereka. Ayo terus berjuang habis-habisan!,” ungkap Rachel.

Lain itu, sejak pertama kali Kejuaraan Dunia Junior digelar pada 1992, belum ada satupun ganda putri Indonesia yang meraih juara di turnamen ini. 

Baca Juga: Hasil French Open 2022: Sempat Kecolongan 14 Poin Beruntun, Rehan/Lisa Gagal ke Final

Sepanjang sejarah kejuaraan junior ini, sektor ganda putri didominasi China. Pasangan putri dari China meraih juara sebanyak 15 dari 21 edisi sebelumnya, pasangan Korea Selatan dengan 4 gelar, serta Singapura dan Jepang meraih gelar juara masing-masing satu kali. 

Final tahun ini, pasangan China akan menghadang Trias/Rachel. Pasangan Liu Shengshu/Wang Ting Ge akan menjadi ujian terakhir bagi pasangan Trias/Rachel dalam upaya mereka mencetak sejarah baru.  

Rachel Allessya Rose mengaku sudah tidak sabar bertanding di final. 

Sebagai informasi, sektor ganda putri akan menjadi pertadingan keempat di babak final Kejuaraan Dunia Junior 2022. Menurut jadwal, final akan mulai bergulir pada pukul 19.00 WIB. 

“Mereka powernya besar dan mainnya terus menyerang. Ini akan kami waspadai dan antisipasi. Diskusi juga dengan pelatih apa strategi yang harus dimainkan,” tutur Rachel. “Kami sudah tidak sabar main di final, kami siap tampil habis-habisan. Tapi tetap tidak boleh terlalu excited.” 

Selain Trias/Rachel, Indonesia masih punya satu wakil lagi di babak final. Ganda putra Muhammad Putra Erwiansyah/Patra Harapan Rindorindo akan menghadapi wakil China Xu Hua Yu/Zhu Yi Jun.



Sumber : PBSI


BERITA LAINNYA



Close Ads x