Kompas TV olahraga kompas sport

Klub Inggris Blackburn Gelar Salat Magrib Berjemaah di Stadion, Ingatkan Suporter Kewajiban Salat

Kompas.tv - 10 Agustus 2022, 17:39 WIB
klub-inggris-blackburn-gelar-salat-magrib-berjemaah-di-stadion-ingatkan-suporter-kewajiban-salat
Ilustrasi. Markas Blackburn Rovers, Stadion Ewood Park. Blackburn Rovers mengumumkan akan menyediakan ruang bagi suporter muslim untuk menunaikan salat di Stadion Ewood Park jika ada pertandingan berlangsung. (Sumber: Instagram/Blackburn Rovers)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

BLACKBURN, KOMPAS.TV - Klub Divisi Championship Inggris, Blackburn Rovers menggelar salat berjamaah di dalam stadionnya untuk suporter muslim ketika pertandingan tengah berlangsung. Pihak klub akan menyediakan ruang bagi suporter untuk menunaikan salat di Stadion Ewood Park.

Dalam pengumuman yang disiarkan melalui media sosial, Selasa (9/8/2022), Blackburn mengumumkan agenda salat Magrib berjamaah ketika menjamu Hartlepool United, Rabu (10/8) atau Kamis (11/8) dini hari waktu Indonesia.

Blackburn sendiri menjamu Hartlepool dalam babak putaran pertama Piala Liga Inggris 2022/23. 

“Bagi suporter muslim yang menghadiri pertandingan kandang kami lawan Hartlepool United Rabu (10/8) ini, kami paham Anda perlu menunaikan Salat Magrib (ibadah saat matahari terbenam) pukul 20.55 (waktu setempat),” demikian bunyi pernyataan tersebut.

Pihak klub mengumumkan, ibadah salat Magrib akan diimami oleh seorang pemegang tiket musiman, Hafiz Zayd. Ibadah akan digelar di ruang ibadah semua iman yang disediakan di Ewood Park.

Baca Juga: Karim Benzema Akui 'Batasi Permainannya' agar Sesuai dengan Cristiano Ronaldo di Real Madrid

Lebih lanjut, Blackburn menegaskan, ruang ibadah tersebut tidak hanya tersedia bagi suporter ketika pertandingan lawan Hartlepool saja. Suporter dapat mengaksesnya sewaktu-waktu ketika hari pertandingan berlangsung.

“Ruang (ibadah) semua iman di (sektor) Blackburn End tidak hanya tersedia untuk pertandingan ini saja,” lanjut pernyataan Blackburn.


 

Klub berjuluk The Rovers ini pun mengingatkan kewajiban salat lima waktu bagi suporternya yang beragama Islam. Pihak klub mengaku bangga bisa memfasilitasi ibadah wajib suporter.

“Semua muslim dewasa harus melaksanakan salat wajib lima waktu setiap hari. Bagi suporter muslim kami, kami paham bahwa melaksanakan ibadah adalah keperluan, dan kami bangga bisa memfasilitasi ini setiap ada agenda di Ewood Park,” demikian bunyi pernyataan Blackburn.

Gestur The Rovers yang menyediakan ruang beribadah bagi suporter muslim yang notabene minoritas di Inggris, menuai pujian dari berbagai pihak. Legenda klub tersebut, David Speedie turut menyanjung kebijakan ini.

Blackburn sendiri telah menggelar serangkaian agenda untuk merangkul komunitas muslim di sekitarnya. Pada Mei lalu, Blackburn menjadi klub Inggris Raya pertama yang menggelar salat Id di dalam stadion.

Baca Juga: Eks Pemain Liverpool dan Barca Raih Gelar Pertama sebagai Manajer Timnas U20 Argentina, Siapa Dia?


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x