Kompas TV olahraga kompas sport

5 Fakta Kemenangan Timnas Indonesia atas Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023

Kompas.tv - 9 Juni 2022, 06:35 WIB
5-fakta-kemenangan-timnas-indonesia-atas-kuwait-di-kualifikasi-piala-asia-2023
Marc Klok, kapten Timnas Indonesia, melakukan selebrasi selepas mencetak gol penalti ke gawang Kuwait, Kamis (9/6/2022) dini hari. (Sumber: Twitter PSSI)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Iman Firdaus

SOLO, KOMPAS.TV - Timnas Indonesia unggul 2-1 kontra Kuwait dalam laga perdana Kualifikasi Piala Asia 2023 Grup A pada Kamis (9/6/2022) dini hari tadi.

Kemenangan itu menempatkan anak asuh Shin Tae Yong di pos runner-up Grup A dengan koleksi 3 poin, menyamai perolehan Yordania selaku pemimpin klasemen.

Menariknya, terdapat beberapa fakta unik terkait kemenangan Timnas Indonesia. Berikut 5 fakta kemenangan Timnas Indonesia atas Kuwait.

1. Rahmat Irianto Man of The Match

Rahmat Irianto dinobatkan sebagai man of the match atas peran vitalnya dalam kemenangan Timnas Indonesia.

Rekrutan anyar Persib Bandung itu mengawali proses penalti yang berujung gol pertama untuk Indonesia. Dalam prosesnya, ia mengejar bola liar di kotak enam belas lawan sebelum akhirnya dilanggar oleh Kankone, kiper Kuwait.

Adapun pada awal babak kedua, Irianto langsung melesakkan gol comeback penentu kemenangan. Saat laga baru saja dimulai, Rian, sapaan akrabnya, menyambar bola mentah dari tembakan Witan Suleiman, mengarahkannya ke sudut kiri gawang Kuwait hingga tak bisa diantisipasi kiper lawan.

Selain berjasa dalam proses serta mencetak gol, Rian dinilai beradaptasi dengan baik sepanjang pertandingan. Ia bermain tangguh di sektor bek kanan, kendati biasanya diplot sebagai gelandang bertahan oleh Shin Tae Yong.

2. Head to Head Indonesia vs Kuwait Jadi Berimbang

Kemenangan Indonesa atas Kuwait semalam merupakan yang kedua kalinya sejak 1980. Secara keseluruhan, Garuda telah berjumpa 7 kali dengan timnas berjuluk The Blues itu. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x