Kompas TV olahraga kompas sport

Kabar Membanggakan, Peselancar Indonesia Rio Waida Juara di Sydney Surf Pro 2022

Kompas.tv - 24 Mei 2022, 16:21 WIB
kabar-membanggakan-peselancar-indonesia-rio-waida-juara-di-sydney-surf-pro-2022
Atlet selancar Indonesia, Rio Waida. (Sumber: NOC Indonesia.)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Vyara Lestari

SYDNEY, KOMPAS.TV - Peselancar kebanggan Indonesia, Rio Waida berhasil merengkuh gelar juara Sydney Surf Pro 2022 lewat nomor Open Mens.

Pada babak final yang bergulir di Manly Beach, Sydney, Australia, Selasa (24/5/2022), Rio Waida sukses mendapatkan skor 17,73, mengungguli atlet selancar tuan rumah Ryan Callinan (15,70). 

Melansir laman resmi World Surf League, Rio berjuang menjadi juara sejak babak 96 besar. Artinya, peselancar Indonesia beradarah Jepang ini menyingkirkan 95 atlet selancar lain dari berbagai negara. 

Pembawa bendera Merah Putih di Olimpiade Tokyo 2022 ini mulai tampil cemerlang sejak babak 16 besar dengan mengalahkan peselancar Brasil, Michael Rodrigues dengan skor tipis 17,80, berbanding 17,67. 

Baca Juga: Tampil Impresif, Peselancar Ombak Rio Waida Melaju ke Perempat Final Sydney Surf Pro 2022

Sebenarnya, pada babak 16 besar ini, Indonesia juga mengirim satu wakil lainnya, Ketut Agus. Tetapi, Ketut harus terhenti di babak ini, karena kalah dari Leonardo Floravanti (Italia) 12,46 - 14,60. 

Berlanjut ke perempat final, Rio menekuk peselancar Hawai, Brodi Sale dengan skor 14,83 - 12,70.

Lalu, di semifinal, Rio menang dengan skor telak atas atlet Amerika Serika, Jett Schilling. Rio mengumpulkan 13,50 poin, sedangkan Jett hanya memiliki skor 8,50. 

Di partai puncak, Rio kembali mampu tampil impresif. Dia mengalahkan peselancar tuan rumah, Ryan Callinan dengan skor 17,73 - 15,70. 

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Marciano Norman memberi selamat kepada Rio Waida atas prestasi membanggakan ini.

Baca Juga: Profil Rio Waida, Peselancar Berbaju Adat Bali yang Membawa Bendera Indonesia di Pembukaan Olimpiade

“Selamat kepada Rio Waida yang berhasil menjadi juara pada suatu kompetisi selancar ombak bergengsi Sydney Surf Pro," kata Marciano, dikutip dari Antara. 

"Prestasi tersebut sangat membanggakan bangsa dan negara. Terima kasih atas kerja kerasnya, juga pada pelatih dan Pengurus Besar Persatuan Olahraga Selancar Ombak Indonesia (PB PSOI)."

“Semoga ke depan, atlet selancar ombak Indonesia dapat terus meraih prestasi yang membanggakan,” imbuhnya. 

 



Sumber : Antara/World Surf League


BERITA LAINNYA



Close Ads x