Kompas TV olahraga kompas sport

Marcus Gideon Operasi Tulang di Portugal, Ditangani Dokter yang Pernah Sembuhkan Ronaldo

Kompas.tv - 31 Maret 2022, 12:19 WIB
marcus-gideon-operasi-tulang-di-portugal-ditangani-dokter-yang-pernah-sembuhkan-ronaldo
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon (kiri) akan melakukan operasi di Portugal akibat masalah pergelangan kaki belakang. (Sumber: Twitter @INABadminton/PBSI)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Desy Afrianti

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Pebulu tangkis ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon, akan melakukan operasi di Portugal akibat masalah pergelangan kaki belakang.

Marcus Gideon akan ditangani langsung oleh dokter spesialis bedah ortopedi dan traumatologi asal Belanda, Niek van Dijk, yang juga pernah mengoperasi pesepakbola Cristiano Ronaldo.

Istri Marcus, Agnes A Gideon, melalui unggahan di Instagram Story pada Rabu (30/3/2022), mengungkapkan bahwa suaminya sudah lama mengalami masalah di bagian belakang pergelangan kaki.

Namun kondisinya semakin parah sejak Marcus berlaga di All England 2022.

Alhasil setibanya di Jakarta, atlet ganda putra top global itu, melakukan MRI dan hasilnya ada penumbuhan tulang karena peradangan terus-menerus dan kemudian membentuk jaringan tulang rawan yang akhirnya mengeras.

Baca Juga: Swiss Open 2022: Marcus/Kevin Absen, Fikri/Bagas Hadapi Wakil India

Dokter PBSI, Prof dr Nicolaas C Budhiparama, kemudian menyarankan Marcus untuk operasi artroskopi.

"Setelah diskusi dengan Prof Nicolaas, disarankan untuk operasi artroskopi. Beliau tidak menyarankan untuk suntik streroid," tulis Agnes dalam unggahannya.

"Lagi pula, untuk injeksi stereoid hanya akan membuat bebas nyeri sejenak karena tulang yang menusuk masih ada," kata istri Marcus.  

"Beliau juga menyarankan agar operasi dilakukan di Portugal atau Belanda oleh Prof Niek van Dijk," tutur Agnes. 

Agnes mengatakan, operasi dijadwalkan pada Rabu (6/4/2022) di Portugal dan akan menjalani pemulihan sekitar 3-4 minggu di Indonesia.

Baca Juga: Marcus Gideon Jalani Operasi, Minions Absen di Korea Open 2022 dan Kejuaraan Asia 2022

Ia berharap pemulihan Marcus berjalan lancar dan bisa tampil di Piala Thomas-Uber pada Mei mendatang.

Dilansir dari laman Amsterdam Universitair Medische Centra (Amsterdam UMC), Niek van Dijk sempat bertugas di FIFA Medical Centre di Madrid dan Porto.

Selain Ronaldo, dokter itu juga pernah menangani pesebak bola top lainnya seperti Ruud van Nistelrooy, Robin van Persie, dan Michael Ballack.  

Adapun kondisi ini membuat Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo absen di Korea Open dan Kejuaraan Asia 2022 yang akan berlangsung pada 5-10 April, sedangkan Kejuaraan Asia akan digelar di Filipina pada 26 April-1 Mei 2022. 

Baca Juga: All England 2022: Harus Ada Wakil Indonesia yang Menang, Target Juara Dibebankan ke Kevin/Marcus



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x