Kompas TV olahraga kompas sport

Marcus Gideon Jalani Operasi, Minions Absen di Korea Open 2022 dan Kejuaraan Asia 2022

Kompas.tv - 30 Maret 2022, 12:44 WIB
marcus-gideon-jalani-operasi-minions-absen-di-korea-open-2022-dan-kejuaraan-asia-2022
Aksi pebulu tangkis ganda putra Indonesia di Olimpiade Tokyo, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (kanan). (Sumber: badmintonindonesia.org/)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pebulu tangkis ganda putra nomor satu dunia, Marcus Fernaldi Gideon menjalani operasi, sehingga absen di Korea Open 2022 dan Kejuaraan Asia 2022.

Korea Open 2022 bakal berlangsung mulai 5-10 April 2022, sementara Kejuaraan Asia di Manila, Filipina bergulir 26-1 Mei mendatang. 

Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainky menyebut Marcus menjalani operasi untuk menghilangkan tulang kecil yang tumbuh di pergelangan kakinya. 

Baca Juga: Swiss Open 2022: Marcus/Kevin Absen, Fikri/Bagas Hadapi Wakil India

"Berdasarkan hasil observasi dan rontgen, Marcus ada pertumbuhan tulang kecil yang tidak seharusnya di ankle kanan dan kirinya. Ini cukup mengganggu penampilan karena menimbulkan rasa sakit," ujar Rionny Mainaky, dikutip dari Kompas.com. 

"Setelah berkonsultasi dengan dokter PBSI, Prof. dr. Nicolaas C. Budhiparama, maka ia disarankan untuk melakukan operasi dalam waktu dekat ini."

"Karena operasi ini, maka The Minions (julukan Marcus/Kevin) akan absen setidaknya di dua turnamen mendatang, Korea Open dan Kejuaraan Asia," sambung Rionny.

Kekuatan Marcus dan pasangannya, Kevin Sanjaya Sukamuljo memang sangat dibutuhkan Indonesia, terlebih jelang turnamen Thomas Cup 2022 Mei mendatang. 

Rionny sendiri berharap operasi yang dijalani Marcus berjalan dengan lancar dan bisa pulih secepatnya. 

Baca Juga: Tanggapan Berkelas Marcus/Kevin Usai Dikalahkan Hoki/Kobayashi

"Kami berharap operasi Marcus berjalan lancar, proses pemulihannya maksimal, dan bisa cepat turun kembali berlaga. Tidak telalu lama absen karena Marcus/Kevin adalah salah satu andalan kami," tandas Rionny.

Di sisi lain, Marcus sendiri mengaku kondisi pergelangan kakinya memang menghambat di beberapa turnamen bulu tangkis terakhir. 

Puncak rasa sakit karena munculnya tulang kecil di pergelangan kaki Marcus, terjadi pada All England 2022. Tetapi, dirinya masih sanggup menahan dan sukses melaju hingga babak semifinal. 

"Saya memang sudah lumayan lama merasakan sakit di ankle kanan, tapi coba saya tahan," jelas Marcus. 

"Kemarin di All England malah jadi dua-duanya. Setibanya di Jakarta, saya langsung periksa dan ternyata ada tulang kecil tumbuh. Harus operasi."

"Mohon doanya agar operasi saya berjalan lancar dan bisa kembali bertanding dalam waktu dekat," tegas peraih dua gelar All England ini.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x