Kompas TV olahraga kompas sport

Usai Didepak FIFA dari Piala Dunia, Timnas Rusia Juga Ditinggal Sponsor

Kompas.tv - 1 Maret 2022, 23:45 WIB
usai-didepak-fifa-dari-piala-dunia-timnas-rusia-juga-ditinggal-sponsor
Adidas menangguhkan kerja sama mereka dengan Timnas Rusia, buntut dari invasi ke Ukraina. (Sumber: Twitter @TeamRussia)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setelah didepak oleh FIFA dari play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Rusia kini giliran ditinggal salah satu sponsornya. 

Dalam pernyataan resmi, Adidas mengumumkan bahwa mereka telah menangguhkan kerja sama dengan Timnas Rusia. 

Perusahaan olahraga asal Jerman itu telah menjadi sponsor tim sepak bola pria dan wanita Rusia sejak 2009 dan kerja sama mereka dengan Federasi Sepak Bola Rusia (RFU) baru akan berakhir pada akhir tahun ini. 

"Adidas menangguhkan kemitraannya dengan Federasi Sepak Bola Rusia (RFU) dengan segera," bunyi pernyataan Adidas dikutip dari The Independent, Selasa (1/3/2022). 

Pengumuman Adidas tersebut datang setelah FIFA mengkonfirmasi hukuman kepada Timnas Rusia menyusul invasi negara itu ke Ukraina.

Keputusan FIFA untuk menangguhkan Rusia dari sepak bola internasional secara otomatis juga mengakhiri harapan mereka untuk tampil di Piala Dunia 2022 Qatar. 

Baca Juga: FIFA dan UEFA Larang Rusia Berlaga di Kompetisi Dunia Hingga Batas Waktu yang Belum Ditentukan

Tak hanya itu, tim wanita Rusia juga akan dikeluarkan dari Euro 2022 yang akan digelar di Inggris musim panas ini.

Rusia dijadwalkan akan melawan Polandia di semi-final play-off kualifikasi Piala Dunia akhir bulan ini bersama Swedia dan Republik Ceko. 

Namun ketiga negara tersebut menolak untuk bermain melawan Rusia setelah Vladimir Putin memerintahkan invasi ke Ukraina. 

Asosiasi sepak bola Inggris, Skotlandia, Wales dan Irlandia juga telah mengatakan bahwa mereka akan menolak untuk bermain melawan Rusia.

Keputusan Adidas untuk memutus hubungan kerja sama mereka dengan Rusia menjadi yang terbaru sejak pecahnya perang di Ukraina. 

Sebelumnya, Manchester United juga memutuskan hubungan mereka dengan maskapai penerbangan Rusia, Aeroflot, serta klub sepak bola Jerman, Schalke, mengakhiri kesepakatan mereka dengan Gazprom.

Baca Juga: Rusia Invasi Ukraina, Federasi Judo Internasional Tangguhkan Jabatan Vladimir Putin



Sumber : The Independent


BERITA LAINNYA



Close Ads x