Kompas TV olahraga kompas sport

Duel AS vs Honduras Dimainkan di Suhu -17 Derajat Celsius, Dua Pemain Terkena Hipotermia

Kompas.tv - 3 Februari 2022, 18:52 WIB
duel-as-vs-honduras-dimainkan-di-suhu-17-derajat-celsius-dua-pemain-terkena-hipotermia
Para pemain Timnas Amerika Serikat yang menggunakan pakaian penghangat saat bertanding di suhu -17 derajat celcius. (Sumber: Twitter @USMNT)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona CONCACAF antara Amerika Serikat vs Honduras yang dimainkan di suhu -17 derajat Celsius menyebabkan dua pemain harus dirawat karena mengalami hipotermia. 

Dalam pertandingan yang digelar di Allianz Field, Saint Paul, Minnesota, Amerika Serikat, Rabu (2/2/2022) malam waktu setempat, pasukan Gregg Berhalter sukses meraih kemenangan dengan skor 3-0.

Tiga gol Paman Sam tersebut dicetak oleh Weston McKennie, Walker Zimmerman dan Christian Pulisic. 

Namun bukan kemenangan itu yang menjadi sorotan, melainkan cuaca saat pertandingan dilangsungkan. 

Dilansir dari Sport Bible, suhu di Allianz Field tersebut mencapai -17 derajat Celsius yang menjadi pertandingan dalam suhu terdingin yang dimainkan Timnas Amerika Serikat dalam 20 tahun terakhir. 

Untuk meminimalisir dinginnya suhu tersebut, pemain dari kedua set tim, serta wasit, diizinkan mengenakan perlengkapan cuaca hangat seperti snood (penutup rambut) dan penutup wajah.

Baca Juga: Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia: Iran dan Korsel Lolos, Jepang Selangkah Lagi

Dari sisi penonton, disiapkan bangku berpemanas, 20.000 penghangat tangan gratis serta tambahan makanan dan minuman panas untuk penggemar. 

Diizinkan pula untuk menggunakan perangkat penghangat yang dioperasikan dengan baterai.


Namun tetap saja, bermain di suhu ekstrem dibawah 0 derajat dengan hembusan angin dingin -10 sampai -15 derajat Celsius membuat  tubuh tersiksa. 

Dua pemain dari Honduras dilaporkan mengalami hipotermia, yakni penurunan suhu tubuh secara drastis yang membahayakan bagi tubuh. 

Kiper Honduras Luis 'Bobo' Lopez yang diganti pada babak pertama masih terus membutuhkan perawatan di akhir pertandingan. 

Rekan setimnya, Romell Quito, juga merasa tidak nyaman meskipun kondisinya tidak terlalu parah. 



Sumber : Sport Bible


BERITA LAINNYA



Close Ads x