Kompas TV olahraga kompas sport

Menkominfo Pastikan Ketersediaan Jaringan 5G saat Event MotoGP di Mandalika

Kompas.tv - 27 Desember 2021, 14:48 WIB
menkominfo-pastikan-ketersediaan-jaringan-5g-saat-event-motogp-di-mandalika
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate, memastikan ketersediaan jaringan 5G pada event MotoGP Mandalika 2022. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, memastikan ketersediaan jaringan 5G pada event MotoGP Mandalika 2022.

Kepastian itu disampaikan oleh Johhny dalam konferensi persnya bersama Komandan Lapangan MotoGP Mandalika, Marsekal  (purn) Hadi Tjahjanto, Senin (27/12/2021).

“Seperti di event-event olahraga sebelumnya, di PON XX Jayapura, di Mandalika juga akan dideploy 5G experrience,” jelasnya.

Namun, lanjut Johhnya, 5G experience yang tersedia adalah untuk spektrum yang ada di 2,3 GHz, dan hanya berfungsi pada beberapa jenis perangkat.

Pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan pabrikan pembuat handheld yang beroperasi di frekuensi 2,3 Ghz.

Baca Juga: Sambut MotoGP, Pemerintah Siapkan Commuter Flight dari Bali ke Mandalika

Kata Johny, mereka sudah membuka softwarenya sehingga nanti saat Mandalika MotoGP, 5G juga akan hadir.

“Tapi untuk perangkat-perangkat tertentu. Sedang perangkat seperti Apple yang bekerja di frekuensi 2,6 itu belum tersedia karena spektrumnya masih digunakan untuk layanan satelit.”

Nantinya penyedia layanan seluler yang mengoperasikan jaringan 5G di Mandalika adalah Telkomsel, Indosat, dan XL.

Pihaknya juga akan memastikan tersedianya jaringan tulang punggung komunikasi yang memadai untuk mendukung transmisi data dari Mandalika.

Selain itu, dia juga menyebut telah mendiskusikan bagaimana untuk melengkapi agar penyediaan bandwith dan BTS dari operator seluler yang lebih baik.

“Saya sendiri sudah melakukan rapat dengan operator seluler, di mana mereka juga sudah memastikan akan memberikan layanan telekomunikasi yang memadai pada saat penyelenggaraan MotoGP.”

Selain layanan telekomunikasi untuk penyelenggaraan MotoGP, pihaknya juga memperbaiki kualitas jaringan telekomunikasi untuk warga.

Karena, event di Mandalika juga diharapkan memberikan multiplier effect bagi ekonomi masyarakat di lingkungan, termasuk penyelenggara homestay.

“Kami sedang mendiskusikan, nanti desa-desa mana saja yang perlu ditambahkan untuk memperkuat sinyal telekomunikasi,” jelasnya.

Baca Juga: Jelang MotoGP 2022, Sirkuit Mandalika Terus Berbenah demi Penuhi Syarat Homologasi

Pihaknya juga mendiskusikan bagaimana menjaga ruang digital yang sehat. Jangan sampai Moto GP juga diisi dengan hoaks yang menyebar.

“Marilah kita isi MotoGP Indonesia ini dengan informasi yang bermanfaat untuk menggerakkan generasi muda kita aktif di dalam mengambil bagian dalam Moto GP, apalagi Moto GP ini merupakan bagian dari kegemaran generasi milenial.”



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x