Kompas TV olahraga kompas sport

Jelang MotoGP 2022, Sirkuit Mandalika Terus Berbenah demi Penuhi Syarat Homologasi

Kompas.tv - 17 Desember 2021, 22:01 WIB
jelang-motogp-2022-sirkuit-mandalika-terus-berbenah-demi-penuhi-syarat-homologasi
Lintasan balap di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB. Setelah ajang World Super Bike usai, Sirkuit Mandalika kini tengah bersiap untuk MotoGP 2022 (22/11/2021). (Sumber: Antara )
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sirkuit Mandalika terus berbenah guna memenuhi syarat homologasi penyelenggaraan MotoGP 2022.

Mandalika Grand Prix Association (MGPA), selaku pengelola Pertamina Mandalika International Street Circuit terus meningkatkan kesiapan fasilitas serta sarana dan prasarana untuk menyambut para pembalap dan tim yang akan berlaga di MotoGP 2022.

Melalui keterangan resminya, Jumat (17/12/2021), MGPA juga terus melakukan komunikasi secara intensif dengan sejumlah pihak terkait seperti, Ikatan Motor Indonesia (IMI), Dorna Sports, dan Federasi Balap Motor Internasional (FIM) untuk memenuhi syarat homologasi yang didasarkan pada ketentuan FIM.

Vice CEO MGPA Cahyadi Wanda mengaku optimistis semua syarat dapat terpenuhi dan lolos homologasi sebelum balapan MotoGP 2022 di sirkuit Mandalika dilangsungkan.

"Kami mendapat apresiasi dari pembalap dan kru tim balap WSBK atas kualitas lintasan sirkuit kami setelah lomba 2021 selesai. Namun ada beberapa hal yang harus kami tingkatkan lagi," kata Cahyadi dikutip KompasTV dari Antara. 

Berkat kesuksesan menyelenggarakan balapan WSBK pada November lalu, pada tahun ini Sirkuit Mandalika akan kembali menggelar dia balapan yakni MotoGP pada 18-22 Maret 2022 dan WSBK pada 11-13 November 2022.

Terkait kepercayaan yang diberikan kepada Sirkuit Mandalika dan Indonesia, Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis MGPA Arie Prasetyo menyambut baik keputusan dari Dorna Sports tersebut.

Baca Juga: Jadwal MotoGP 2022 di Mandalika - Kesetiaan Honda Menanti Comeback Marc Marquez yang Belum Pasti

"Ini merupakan bukti kepercayaan Dorna Sports atas kesiapan Pertama Mandalika International Street Circuit dalam menggelar ajang balap motor berkelas dunia. Kami juga tengah meningkatkan kualitas sarana dan prasarana pendukung untuk meningkatkan kenyamanan tim balap maupun penonton yang hadir," tutur Arie.

Saat ini, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) masih terus melalui pembenahan dengan tmenyiapkan perbaikan akses keluar masuk kendaraan, pedestrian, dan saluran drainase di sekitar sirkuit.

Penataan landscape serta menyelesaikan pembangunan pit building (non-modular part) akan dikebut dan dibangun pula tambahan grand stand di 11 titik untuk kenyamanan penonton yang diperkirakan akan lebih banyak daripada WSBK tahun ini.

Seluruh rencana pembangunan ini ditargetkan akan rampung pada awal Maret 2022.

“Selain meningkatkan kelengkapan sirkuit serta sarana dan prasarana sirkuit, kami juga berkomitmen meningkatkan kualitas penyelenggaraan event balap motor di Pertamina Mandalika International Street Circuit sehingga penyelenggaraan balap motor tahun depan akan lebih baik dan memenuhi ekspektasi semua pecinta balap motor," jelas Arie.

"Kami mohon dukungannya agar persiapan menyambut MotoGP ini dapat berjalan lancar sehingga kita dapat menyaksikan kembali balap motor MotoGP digelar di negeri kita setelah penantian panjang selama 24 tahun. Dan kami percaya event MotoGP mampu menjadi trigger kebangkitan industri pariwisata dan memberikan multiplier effect yang besar bagi perekonomian Indonesia,” pungkasnya.

Baca Juga: Sirkuit Mandalika Kembali Masuk Kalender WSBK 2022

 




Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x