Kompas TV olahraga kompas sport

Jelang Leg Kedua Semifinal Piala AFF 2020, Winger Singapura Ungkap Kelemahan Timnas Indonesia

Kompas.tv - 25 Desember 2021, 07:30 WIB
jelang-leg-kedua-semifinal-piala-aff-2020-winger-singapura-ungkap-kelemahan-timnas-indonesia
Winger Singapura Faris Ramli berusaha merebut bola dari pemain Indonesia Ricky Kambuaya dalam pertandingan leg pertama semifinal Piala AFF 2020, Rabu (22/12/2021). (Sumber: AFP PHOTO)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jelang leg kedua semifinal Piala AFF 2020, winger Singapura Faris Ramli mengungkapkan, apa yang menjadi kelemahan timnas Indonesia sejauh ini adalah kelelahan.

Menurut Faris, kelelahan yang merupakan kelemahan skuad Garuda dimanfaatkan timnya pada laga pertama babak empat besar Piala AFF 2020, Rabu (22/12/2021) kemarin.

The Lions, yang pada awalnya tertinggal satu gol dari timnas Indonesia, justru menunjukan kondisi sebaliknya dengan terus melakukan serangan.

Hingga akhirnya sukses menyamakan kedudukan lewat gol Ikhsan Fandi pada menit ke-70, yang memanfaatkan assist dari Faris.

Baca Juga: Ayo Tembus Final Piala AFF 2020 Garuda!

Faris pun menyebut, umpan kepada Ikhsan Fandi yang kemudian berbuah gol itu, sekaligus menjadi jawaban atas kegagalannya dalam memanfaatkan kesempatan untuk menyamakan skor.

"(Kegagalan) itu memotivasi saya untuk bermain lebih bagus. Salah satu hal yang pertama muncul di benak saya adalah bagaimana saya mendapat ruang," kata Faris dikutip dari The Straits Times.

"Itu membuat saya dan tim menyadari bahwa kami bisa memanfaatkanya karena Indonesia mulai lelah dan ada ruang terbuka. Kegagalan itu membuat kami meningkatkan kecepatan dan menyerang," imbuhnya.

Adapun, pendapat Faris soal faktor kelelahan yang menjadi kelemahan timnas Indonesia juga diakui oleh Shin Tae-yong selaku pelatih skuad Garuda.

Baca Juga: Empat Pemain Singapura yang Diwaspadai Shin Tae-yong di Leg Kedua Semifinal Piala AFF 2020

Dalam konferensi pers usai pertandingan pada Rabu kemarin, Shin Tae-yong sendiri tak menampik bahwa anak asuhnya memang terlihat kelelahan sejak babak pertama hingga kedua.

"Sebenarnya pada babak pertama dan kedua pun kami terlihat lelah, akhirnya membuat Singapura leluasa menyerang," ujarnya dilansir dari Kompas.com, Sabtu (25/12/2021).

"Saya sudah menduga bahwa ada saatnya timnas Indonesia lelah dan ini yang sedang kami alami," sambung pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Akan tetapi, menurut Shin Tae-yong, alangkah bainya kelelahan itu datang lebih awal supaya timnya dapat segera memulihkan diri dan mempersiapkan pertandingan selanjutnya.

Kendati demikian, Shin Tae-yong menegaskan, skuad Garuda tetap akan tampil dengan semangat juang tinggi untuk memperoleh hasil maksimal pada leg kedua semifinal Piala AFF.

"Pertandingan leg pertama memang tim kami dan Singapura sama-sama bekerja keras. Namun, ini hasil yang disayangkan. Jadi, kami akan lebih berusaha untuk mempersiapkan lebih baik lagi,” ujar Shin Tae-yong.

Pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2020 timnas Indonesia vs Singapura akan dihelat di Stadion Nasional, Singapura, Sabtu (25/12/2021) malam nanti.



Sumber : Kompas.com/The Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x