Kompas TV olahraga kompas sport

Ayo Tembus Final Piala AFF 2020 Garuda!

Kompas.tv - 25 Desember 2021, 07:00 WIB
ayo-tembus-final-piala-aff-2020-garuda

Timnas Indonesia akan menghadapi laga hidup mati melawan Singapura demi menembus Final Piala AFF 2020. (Sumber: AFF Cup)

Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

Timnas Indonesia akan menghadapi laga hidup mati melawan Singapura demi menembus Final Piala AFF 2020. (Sumber: AFF Cup)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas Indonesia akan kembali melanjutkan perjuangan mereka untuk menembus partai final di ajang Piala AFF 2020.

Untuk mencapai hasil tersebut, skuad Garuda harus mampu melewati adangan tuan rumah Singapura di leg kedua semifinal Piala AFF 2020, Sabtu (25/12/2021) malam nanti.

Indonesia dan Singapura masih mempunyai kesempatan yang sama untuk tampil di partai puncak setelah bermain imbang 1-1 di leg pertama.

Dengan begitu, kemenangan mutlak harus diraih bagi tim yang ingin mendekat ke gelar juara Piala AFF 2020.

Pelatih Shin Tae-yong pun dipastikan akan berpikir keras untuk menentukan taktik yang tepat untuk menumbangkan The Lions.

Secara kualitas dan strategi, skuad Merah Putih sebenarnya lebih unggul di atas Singapura.

Satu yang menjadi permasalahan adalah kondisi fisik tim yang terkuras setelah harus bermain dalam kurun waktu tiga hari sekali.

Namun, hal tersebut tidak boleh menjadi alasan untuk Garuda terbang tinggi karena semua tim mengalami masalah yang serupa.

Lantas bagaimana kesiapan dan kabar terbaru Timnas Indonesia untuk menghadapi pertandingan maha penting nanti malam? 

Baca Juga: Prediksi Indonesia vs Singapura: Ada Egy Maulana Vikri, STY Pakai Formasi 4-3-3?

Shin Tae-yong Tak Ingin Adu Penalti

Dengan tidak adanya sistem gol tandang, satu gol yang dicetak Indonesia di leg pertama kemarin kini sudah tidak ada artinya.

Agregat imbang 1-1 antara Indonesia dan Singapura mewajibkan kedua tim untuk meraih kemenangan jika ingin terus melaju di Piala AFF 2020.

Jika hasil sama kuat tetap bertahan hingga 90 menit waktu normal di leg kedua, laga akan berlanjut ke extra time.

Dan apabila masih belum ada pemenang yang didapatkan pada 2x15 menit, duel tos-tosan adu penalti pun harus dimainkan kedua tim.

Hal ini yang sangat dihindari oleh Shin Tae-yong. Shin tak ingin pemenang pertandingan ditentukan melalui adu penalti karena tentu akan sangat menguras fisik dan mental pemain.

"Saya tidak memikirkan tentang pertandingan berlanjut ke adu penalti, meski kemungkinan ke itu terjadi ada juga. Tapi tidak boleh sampai adu penalti," kata Shin Tae-yong dikutip dari laman resmi PSSI.

Baca Juga: Isyaratkan Ngegas di Leg Kedua Lawan Singapura, Shin Tae-yong: Jangan Adu Penalti!

Empat Pemain Singapura yang Harus Diwaspadai

Shin Tae-yong mengatakan bahwa permainan Singapura jauh lebih baik di semifinal dari apa yang telah mereka tunjukkan di babak penyisihan grup Piala AFF 2020.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x