Kompas TV olahraga kompas sport

Pecah Rekor! Cetak Brace ke Gawang Filipina, Teerasil Dangda Jadi Top Skor Sepanjang Masa Piala AFF

Kompas.tv - 14 Desember 2021, 19:49 WIB
pecah-rekor-cetak-brace-ke-gawang-filipina-teerasil-dangda-jadi-top-skor-sepanjang-masa-piala-aff
Penyerang Thailand, Teerasil Dangda, usai mencetak gol ke gawang Myanmar, Sabtu (11/12/2021). Dangda mencetak dua gol ke gawang Filipina pada Selasa (14/12/2021) dan menjadi top skor sepanjang masa Piala AFF. (Sumber: Laman resmi Piala AFF)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

SINGAPURA, KOMPAS.TV - Striker Thailand, Teerasil Dangda, sukses mencetak rekor sebagai top skor sepanjang masa turnamen Piala AFF. Penyerang berusia 33 tahun ini memecahkan rekor berkat dwigol dalam partai Filipina vs Thailand, Selasa (14/12/2021).

Pelatih Alexandre Poelking menurunkan Dangda sejak awal laga. Penyerang BG Pathum United ini diduetkan bersama Supachok Sarachat.

Pada menit ke-26, Dangda membuka keunggulan Thailand usai menyambut umpan silang Theerathon Bunmathan.

Filipina sempat menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Namun, penalti Dangda pada menit ke-78 memastikan tripoin Thailand sekaligus partisipasi mereka di fase gugur Piala AFF.

Berkat dua gol tersebut, Dangda total mencetak 19 gol di turnamen Piala AFF. Ia unggul dua gol atas pemegang rekor sebelulmnya, striker Singapura Noh Alam Shah (17 gol).

Baca Juga: Hasil Piala AFF: Kalahkan Filipina 2-1, Thailand Pastikan Tiket ke Semifinal

Dangda sendiri sukses menyamai rekor Alam Shah saat memborong dua gol ke gawang Myanmar pada 11 Desember lalu.

Teerasil Dangda telah membela Timnas Thailand dalam lebih dari 100 pertandingan. Ia pertama kali berpartisipasi di Piala AFF pada 2008 silam, mencetak empat gol sepanjang turnamen.

Thailand sendiri dipastikan lolos usai mengalahkan Filipina. Dengan satu pertandingan tersisa di Grup A, jumlah poin Thailand sudah tidak mungkin disalip Myanmar, Filipina, atau Timor Leste.

Baca Juga: Piala AFF Indonesia vs Vietnam, Jawab Tantangan Park Hang-seo, Shin Tae-yong: Kami akan Menyerang!


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x