Kompas TV olahraga kompas sport

Raja Asia! Bungkam Pohang, Al-Hilal Jadi Tim Tersukses di Liga Champions AFC

Kompas.tv - 24 November 2021, 12:12 WIB
raja-asia-bungkam-pohang-al-hilal-jadi-tim-tersukses-di-liga-champions-afc
Para pemain Al-Hilal berpelukan usai memenangi final Liga Champions AFC 2021 lawan Pohang Steelers, Selasa (23/11/2021) malam waktu setempat. (Sumber: Amr Nabil/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Desy Afrianti

RIYADH, KOMPAS.TV - Klub asal Arab Saudi, Al-Hilal menjadi tim tersukses sepanjang sejarah Liga Champions Asia dengan torehan empat trofi. Al-Hilal menambah koleksi trofinya pada Selasa (23/11/2021).

Mereka sukses menjuarai Liga Champions AFC edisi 2021 usai membungkam Pohang Steelers 2-0 di Stadion Internasional King Fahd.

Sebelum bersua di partai final, Al-Hilal dan Pohang menyandang status tim tersukses Liga Champions Asia, masing-masing dengan tiga trofi.

Al-Hilal tampil percaya diri dengan dukungan puluhan ribu suporter tuan rumah. Saat pertandingan belum genap semenit, gelandang Nasser Al-Dawsari sukses membuka keunggulan dengan tembakan jarak jauh.

Pohang berupaya membalas. Pada menit ke-10, klub asal Korea Selatan itu mendapatkan peluang emas.

Baca Juga: Kalahkan Ulsan via Adu Penalti, Pohang Melaju ke Final Liga Champions AFC Hadapi Al-Hilal

Tembakan Sin Jin-ho dari luar kotak penalty mengenai mistar. Lim Sang-hyub mencapai bola muntah, tetapi upayanya dimentahkan kiper Abdullah Al-Mayouf.

Al-Hilal, diperkuat mantan bintang Premier League, Matheus Pereira dan Batefimbi Gomis, menggandakan keunggulan di babak kedua. Eks striker FC Porto, Mousa Marega mencetak gol memanfaatkan asis Gomis.

Skor 2-0 bertahan hingga laga bubaran. Al-Hilal pun juara Liga Champions Asia sekaligus mengamankan tiket Piala Dunia Antarklub.

“Kami adalah tim terbaik di Asia dan bekerja keras untuk sampi sini. Ini adalah pertandingan sulit melawan tim yang bagus,” kata kapten Al-Hilal, Salman Al-Faraj usai pertandingan dikutip Associated Press.

Sementara itu, pelatih Leonardo Jardim menyebut kemenangan ini akan menjadi motivasi besar ke depannya.

“Dalam empat pertandingan terakhir kami mencetak sembilan gol dan hanya kebobolan sekali. Kami dapat menunjukkan kekuatan tim ini dan menurut saya kami pantas meraih gelar juara,” ucap eks pelatih AS Monaco tersebut.

Al-Hilal akan mewakili Asia dalam Piala Dunia Antarklub pada awal 2022 mendatang. Mereka akan bersaing dengan wakil UEFA Chelsea, wakil CONCACAF Monterrey, serta wakil CAF Al-Ahly.

Sementara itu, perwakilan CONMEBOL baru akan ditentukan pada Sabtu (27/11). Final Copa Libertadoes mempertemukan Palmeiras vs Flamengo.

Baca Juga: Girangnya Cristiano Ronaldo Bisa Bawa Manchester United ke 16 Besar Liga Champions


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x