Kompas TV olahraga kompas sport

Kalahkan Ulsan via Adu Penalti, Pohang Melaju ke Final Liga Champions AFC Hadapi Al-Hilal

Kompas.tv - 21 Oktober 2021, 00:03 WIB
kalahkan-ulsan-via-adu-penalti-pohang-melaju-ke-final-liga-champions-afc-hadapi-al-hilal
Para pemain Pohang Steelers merayakan gol ke gawang Ulsan Hyundai dalam semifinal Liga Champions AFC, Rabu (20/10/2021) di Korea Selatan. (Sumber: Choi Young-soo/YONHAP via Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

JEONJU, KOMPAS.TV - Klub Korea Selatan, Pohang Steelers memastikan partisipasi di final Liga Champions Asia pada Rabu (20/10/2021). Pohang mengeliminasi wakil Korea Selatan lain, Ulsan Hyundai di semifinal.

Laga semifinal satu partai antara Ulsan Hyundai vs Pohang Steelers digelar di Stadion Piala Dunia Jeonju. Dalam laga ini, Ulsan yang berstatus pemuncak klasemen Liga Korea dan juara bertahan Liga Champions AFC lebih diunggulkan.

Ulsan memuncaki K-League 1 hingga pekan ke-32 dengan pundi-pundi 64 poin. Sebaliknya, Pohang yang meraih peringkat ketiga musim lalu terseok-seok di peringkat tujuh dengan 42 poin.

Ulsan sendiri berhasil mencuri keunggulan lebih dulu atas Pohang. Anak asuh Hong Myung-bo mencetak gol lewat aksi Yun Il-lok.

Baca Juga: Palsukan Kematian, Eks Schalke 04 Terancam Hukuman Penjara 10 Tahun

Asa Pohang mengejar defisit skor mendapat angin segar pada menit 68. Pasalnya, gelandang lawan, Won Du-jae dikartu merah wasit karena tekel berbahaya.

Namun, skuad besutan Kim Gi-Dong gagal menyamakan kedudukan hingga waktu normal hampir berakhir.

Pada menit 89, Pohang mendapat hadiah tendangan bebas di area lawan. Bek asal Australia, Alex Grant berhasil menyambut umpan silang dari tendangan bebas itu untuk menyamakan kedudukan.

Pertandingan pun terpaksa dilanjutkan dengan babak tambahan waktu. Namun, selama dua kali 15 menit, skor 1-1 tetap bertahan.

Di babak adu penalti, Pohang berhasil meraih keunggulan dengan menggagalkan penendang pertama lawan, Davy Bulthuis. 

Para penendang Ulsan yang lain memang sukses mengonversi penalti. Namun, kelima penendang Pohang juga sukses dan Pohang Steelers pun berhak lolos ke final.

Pohang sudah ditunggu wakil Arab Saudi, Al-Hilal di final Liga Champions. Al-Hilal sukses memenangi Derbi Arab Saudi di semifinal yang lain, membungkam Al-Nassr 2-1.

Final Liga Champions antara Al-Hilal vs Pohang Steelers dijadwalkan pada 23 November 2021 di Stadion Internasional Raja Fahd, Riyadh, Arab Saudi.

Pohang Steelers terakhir menjuarai Liga Champions Asia pada 2009 lalu. Sedangkan Al-Hilal terakhir juara pada 2019.

Dua klub tersebut merupakan pemegang gelar terbanyak Liga Champions AFC, masing-masing dengan tiga trofi.

Baca Juga: Hasil Denmark Open 2021: Kurang Maksimal, Ahsan/Hendra Tersingkir


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.