Kompas TV olahraga kompas sport

Grazie Vale: Dunia MotoGP Berterima Kasih Atas Kiprah Fenomenal Valentino Rossi

Kompas.tv - 14 November 2021, 22:29 WIB
grazie-vale-dunia-motogp-berterima-kasih-atas-kiprah-fenomenal-valentino-rossi
Valentino Rossi setelah balapan MotoGP terakhirnya di sirkuit Valencia, Minggu (14/11/2021). Rossi akan pensiun setelah MotoGP musim 2021. (Sumber: Alberto Saiz/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Fadhilah

VALENCIA, KOMPAS.TV - Valentino Rossi resmi melakoni balapan MotoGP terakhir di sirkuit Valencia, Mingu (14/11/2021). Pembalap veteran Italia itu menutup 26 tahun karier balap motor yang fenomenal pada 2021.

Valentino Rossi sendiri sudah mengumumkan niatnya pensiun dari MotoGP sejak Agustus lalu.

Rossi pertama terjun ke dunia grand prix balap motor pada 1996. Sejak naik kelas ke MotoGP pada 2000, ia telah memenangi tujuh gelar.

MotoGP pun berterima kasih atas kiprah legendaris Rossi yang telah mewarnai dunia balap motor. Di media sosial Twitter, tagar #GrazieVale dibuat untuk berterima kasih kepada sang legenda.

Maverick Vinales, pembalap tim Aprilia, mengaku beruntung pernah belajar langsung dari Rossi. Vinales pernah satu tim dengan pembalap 42 tahun itu di Yamaha pada 2017-2020.  

“Sejujurnya, saat saya mulai menonton MotoGP, saat itu adalah era Valentino. Saya tumbuh dengan memandangnya sebagai idola,” kata Vinales kepada Motorsport.

“Saya amat menikmatinya, saya belajar banyak hal, kami memiliki kenangan bagus. Amat sulit untuk menerimanya, ini adalah akhir sebuah era dan ini akan sangat aneh—tidak hanya untuk saya, saya pikir bagi semuanya juga—tak lagi melihat Valentino di trek,” imbuh pembalap asal Spanyol tersebut.

Selama berkiprah di MotoGP, Valentino Rossi melalui berbagai era dengan berganti-ganti rival.

Baca Juga: Hasil MotoGP Valencia: Bagnaia Finis Tercepat, Rossi ke-10

Rossi tetap membalap kendati rival-rivalnya pensiun. Mulai dari Max Biaggi, Sete Gibernau, Casey Stoner, hingga Jorge Lorenzo.

Rival terbarunya, Marc Marquez pun mengaku MotoGP akan kehilangan dengan pensiunnya Rossi.

“Bagi saya, ini seperti kami kehilangan bagian dari MotoGP. Mungkin bagian terbesar MotoGP karena Valentino selalu menarik banyak orang dan dia melakukan banyak hal bagus, baik di dalam atau luar trek,” kata Marquez pada Oktober lalu.

Di GP Valencia, Rossi finis di urutan 10, terpaut 13,4 detik dari Francesco Bagnaia yang menjadi pemenang. Hasil itu membuat Rossi harus puas finis di peringkat 18 klasemen akhir.

Akan tetapi, Valentino Rossi sepatutnya berbangga atas kiprahnya di dunia balap motor. Sejak melakoni debut di kelas 125cc, ia telah memenangi 115 balapan di semua kelas dan 199 kali masuk podium.

Baca Juga: Kilas Balik Kemenangan Valentino Rossi di GP Indonesia 1997



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x