Kompas TV olahraga kompas sport

Jokowi Janji Hadir di Penutupan Peparnas: Papua Selalu di Hati Saya

Kompas.tv - 6 November 2021, 12:37 WIB
jokowi-janji-hadir-di-penutupan-peparnas-papua-selalu-di-hati-saya
Peparnas XVI resmi dibuka setelah obor Peparnas resmi dinyalakan di Stadion Mandala Jayapura, Papua, Jumat (5/11/2021) (Sumber: KOMPAS.COM/DHIAS SUWANDI)
Penulis : Gading Persada

JAYAPURA, KOMPAS.TV— Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak hadir dalam upacara pembukaan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021 di Stadion Mandala Jayapura, Jumat malam (5/11/2021).

Meski begitu, Jokowi berjanji akan datang ke Papua saat upacara penutupan pesta olahraga multievent nasional untuk paralimpian tersebut.

Dibuka oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin, dalam kesempatan itu Jokowi ikut memberikan sambutan secara virtual pada awal upacara pembukaan Peparnas.

Baca Juga: Emas Pertama Peparnas Papua 2021 Diraih Atlet Tuan Rumah

Jokowi mengaku tak bisa hadir karena saat ini tengah menjalani karantina usai melakukan sejumlah kegiatan di luar negeri.

Meski begitu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyatakan akan hadir di Papua pada 15 November 2021. 

"Saya lebih memilih untuk hadir di acara penutupan, Papua selalu ada di hati saya," kata Jokowi.

Adapun dalam pembukaan Peparnas semalam, ditampilkan sejumlah penyajian budaya Papua yang diwakili oleh 950 penari lokal.

Mereka mampu menyajikannya secara apik sehingga para penonton mampu diberi gambaran memgenai keragaman budaya setempat. 

Baca Juga: Dikarantina, Jokowi Minta Maaf Tak Bisa Buka Peparnas XVI, Janji Hadir saat Penutupan

Penampilan Anggun sebagai artis internasional tidak menutupi antusiasme penonton dan para atlet untuk menikmati lantunan lagu-lagu penyanyi lokal.

Setidaknya penampilan Michael Jakamirelena, Kaonak, Shine of Black, Mango Rap, Nowela, dan beberapa artis lainnya, tetap mampu mengangkat suasana upacara pembukan Peparnas XVI Papua 2021. 

Sebanyak 500 drone yang diterbangkan untuk membentuk berbagai formasi, seperti peta Papua, peta Indonesia, tulisan Peparnas, maskot Peparnas, membuat penonton terkagum.

Namun, pesan paling penting dari upacara pembukaan Peparnas XVI adalah terwujudnya kesetaraan antara para atlet normal dengan atlet difabel.

Baca Juga: Wakil Presiden Ma'ruf Amin Dijadwalkan Hadir Dalam Pembukaan Peparnas XVI di Papua Malam Ini

Wakil Presiden Ma'ruf Amin pun ikut menyuarakan hal yang sama. Ia yang tiga minggu sebelumnya datang ke Papua untuk menutup PON XX Papua, menyebut pelaksanaan Peparnas adalah bukti bila negara serius untuk mewujudkan kesetaraan kepada seluruh warga negaranya. 

"Peparnas adalah ajang yang sangat istimewa, ajang untuk mendobrak batas diri dan keluar sebagai pemenang. Peparnas bukan hanya ajang olahraga, tetapi ini adalah ajang pembuktian semangat kesetaraan sesama anak bangsa," kata Wapres.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x