Kompas TV olahraga kompas sport

Menang Belum Jaminan Madura United Tembus Perempat Final Piala Menpora 2021

Kompas.tv - 3 April 2021, 12:50 WIB
menang-belum-jaminan-madura-united-tembus-perempat-final-piala-menpora-2021
Striker veteran Madura United Alberto Goncalves mengamankan bola dari incaran salah seorang pemain Persela Lamongan saat kedua tim bertemu dalam penyisihan Grup C Piala Menpora 2012 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. (Sumber: ligaindonesiabaru.com)
Penulis : Gading Persada

BANDUNG, KOMPAS.TV- Kondisi tak menguntungkan dialami Madura United dalam Piala Menpora 2021 ini. Pasalnya, meski Sabtu (3/4/2021) sore nanti menang atas Persik Kediri dalam pertandingan keempat penyisihan Grup C di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, kepastian Laskar Sapee Kerab untuk lolos perempat final masih menunggu hasil pertandingan PSS Sleman dan Persela Lamongan pada 7 April 2021 nanti.

Pelatih Madura United Rahmad Darmawan pun mengakui kondisi tidak menguntungkan timnya. Situasi menyelesaikan pertandingan lebih dulu dibanding empat kontestan lain di Grup membuat RD (sapaan akrabnya) meminta pasukannya untuk semaksimal mungkin menyudahi babak grup ini sebaik mungkin.

Dengan meraih kemenangan atas Persik nanti yang kick off-nya mulai pukul 15.15 WIB, Madura United akan mengemas 7 poin.

Baca Juga: Persela Lamongan Waspadai Tiga Pemain Kunci Madura United di Piala Menpora

"Kita akan berusaha untuk bisa mendapatkan hasil maksimal, itu dulu yang akan kita lakukan. Soal akhirnya lolos atau tidak, sama-sama akan kita lihat. Posisi kita sangat tidak diuntungkan main pertama beres, lawan-lawan kita di grup ini baru tanggal 7 selesai bermain. Jadi bagaimana memaksimalakn partai besok untuk menang," papar RD seperti dikutip dari ligaindonesiabaru.com, Jumat (2/4/2021).

Pelatih berusia 54 tahun ini akan mensiasati jadwal padat dan kelelahan pemain dengan melakukan rotasi. Potensi cedera akan muncul jika pemain dipaksakan dalam kondisi fisik yang tidak ideal.

Disamping itu pada pertandingan pra musim ini menurutnya semua pemain layak untuk dicoba sebelum laga sesungguhnya di kompetisi Liga 1 nanti.

"Kita pasti akan menyiapakan rotasi untuk jadwal yang menurut saya pendek sekali. Kita siapkan soal posisi mana yang akan dirotasi kita lihat nanti. Tapi rotasi bagian strategi kami mensiasati pemain yang memang kita tahu belum ada di fitness ideal ada di istirahat satu hari, rotasi akan dilakukan," jelas RD.

Baca Juga: Rahmad Darmawan: Madura United Tidak Menargetkan Juara di Piala Menpora 2021

Sementara itu, berat bagi Persik Kediri keluar dari fase Grup C Piala Menpora 2021. Saat ini mereka dalam situasi terjepit, menelan dua kali kekalahan, punya jeda waktu yang sangat sempit satu hari melawan tim berpengalaman Madura United.

Tidak ada pilihan bagi sang arsitek Joko Susilo untuk melakukan banyak recovery dan rotasi kepada pemainnya.

Mereka hanya latihan ringan pada Jumat (2/4/2021) pagi dan memberi arahan motivasi serta semangat untuk pertandingan sore nanti.

Ahmad Agung dipastikan absen karena terkena kartu merah di laga terakhir, sementara OK Jhon diragukan tampil.

"Persiapan kami cuma kemarin pagi (latihan), tapi apa pun itu karena sama Madura United juga persiapan cuma tadi pagi jadi tidak masalah. Situasi ini sesuai dengan rencana kami, plan kami di pra musim ini, adalah bagian dari persiapan untuk Liga 1 2021 nanti, jadi kami harus mempersiapkan plan B dan pemain-pemain pengganti harus siap tampil," sambung Joko Susilo.

Baca Juga: Kalahkan Persik Kediri, PSS Sleman Panaskan Persaingan di Grup C Piala Menpora

Dalam menghadapi Madura United, Joko memperhatikan betul lini serang lawan yang dihuni Beto Goncalves, Hugo Gomes Dos Santos, dan Bruno Lopes.

Nama terakhir berhasil mencetak gol kemarin. Compact defense jadi strategi khusus Persik Kediri dalam laga nanti, tanpa memikirkan peluang mereka lolos.

"Madura United mempunyai pemain yang sangat komplet di depan ada Lopes, ada Beto, ada Jaja. Jadi kami harus memperhatikan semuanya, labih baik kami tentang compact defense kita yang jadi fokus dari pada kami saat bertahan. Saat menyerang meski kemarin banyak penyerangan tapi belum efektif kami harap besok lebih efektif," harap Gethuk, biasa Joko Susilo dipanggil.

Baca Juga: Polri Pantau Ketat Piala Menpora 2021: Sanksi Tegas ke Penyelenggara jika Ada Pelanggaran Prokes



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x