Kompas TV olahraga kompas sport

MotoGP Prancis 2020: Petrucci Juara, Rossi Gagal Finis

Kompas.tv - 12 Oktober 2020, 01:58 WIB
motogp-prancis-2020-petrucci-juara-rossi-gagal-finis
Pemenang Ducati pembalap Italia Danilo Petrucci (tengah), pembalap Spanyol urutan kedua Alex Marquez (kiri) dan pembalap Spanyol Red Bull KTM Factory Racing Pol Espargaro (kanan) merayakan di podium setelah balapan MotoGP Prancis, di barat laut Le Mans Prancis, pada 11 Oktober 2020. (Sumber: AFP/ Jean-Francois Monier)
Penulis : Tussie Ayu

KOMPAS.TV - Pembalap tim Ducati Danilo Petrucci, sukses naik ke podium teratas sebagai pemenang pada balapan MotoGP Prancis 2020.

Petrucci finis terdepan berkat penampilan yang solid selama menjalani balapan di Sirkuit Bugatti, Le Mans, Prancis, Minggu (11/10/2020) malam WIB.

Dalam balapan basah yang berlangsung selama 26 putaran itu, Petrucci menyelesaikan lomba dalam waktu 45 menit 54,736 detik.

Posisi kedua ditempati Alex Marquez yang sukses meraih podium perdananya di kelas utama bersama Repsol Honda, sementara peringkat ketiga menjadi milik Pol Espargaro dari Red Bull KTM, demikian seperti dilansir dari Tribunnews.com.


Sementara itu, hasil pahit kembali diraih oleh pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi. The Doctor gagal finis karena mengalami crash di tikungan 3 saat balapan baru saja dimulai.

Setelah ditunda selama lima menit dari jadwal semula, race director mengumumkan bahwa balapan MotoGP Prancis 2020 digelar dalam kondisi basah alias wet race.

Saat bendera start berkibar pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow langsung menyusup ke posisi kedua, sementara hal serupa dilakukan oleh Jack Miller dari tim Pramac.

Rider asal Australia itu mengambil alih posisi sebagai pembalap terdepan dari tangan Fabio Quartararo. Sedangkan nasib naas dialami oleh Valentino Rossi yang jatuh di tikungan 3.

Tak berselang lama, pembalap Ducati, Danilo Petrucci berhasil melakukan manuver untuk merebut posisi terdepan dari tangan Jack Miller.

Berselang dua putaran kemudian, rekan satu tim Petrucci yakni Andrea Dovizioso juga memanaskan persaingan dengan menduduki posisi kedua.

Duel sengit juga terjadi untuk merebutkan posisi keempat antara Alex Rins dari Suzuki Ecstar dan rider Red Bull KTM, Pol Espargaro hingga saat balapan memasuki lap keempat.

Sementara Fabio Quartararo perlahan-lahan mengalami penurunan, di tengah kondisi lintasan yang basah dia tertahan di urutan ke-10.

Hingga balapan menyisakan 20 putaran terakhir, Ducati melalui Danilo Petrucci dan Andrea Dovizioso masih tampil solid dengan menduduki posisi pertama dan kedua.


Duo pabrikan Ducati tersebut mampu ditempel ketat oleh Jack Miller di posisi ketiga yang mencatatkan gap atau selisih hingga 1,6 detik dari Alex Rin di urutan keempat.

Balapan MotoGP Prancis 2020 memasuki putaran ke-10, Alex Rins perlahan-lahan mampu memperbaiki posisi. Pada putaran yang sama, Bradley Smith yang membalap untuk tim Aprilia harus menyudahi perjuangannya lebih dini karena mengalami crash di tikungan 14.

Hingga menyisakan 15 putaran terakhir dari total 26 lap yang diperlombakan, tiga penunggang Desmosedici GP20 Petrucci, Dovizioso, dan Miller masih kokoh mengisi tiga posisi terdepan.


Pembalap Repsol Honda, Alex Marquez juga mampu memperbaiki posisinya, start dari urutan ke-18 dia sanggup berada di posisi ketujuh.


Dua lap berselang, Alex Rins sempat melakukan attack terhadap Jack Miller untuk merebut tempat ketiga namun usahanya itu belum membuahkan hasil.

Penampilan yang kurang menggigit juga ditunjukkan oleh rekan satu tim Valentino Rossi, Maverick Vinales yang harus tertahan di urutan ke-15.

Alex Rins kembali menebar ancaman dengan menikung posisi Jack Miller saat balapan memasuki lap ke-15, namun momen itu kembali tidak bertahan lama.


Penampilan yang cukup kompetitif juga ditunjukkan oleh Marquez yang berhasil menduduki urutan keenam bersama kuda besinya, Honda RC213V.

Adik Marc Marquez itu terlibat duel sengit melawan Pol Espargaro yang berada di urutan kelima hingga balapan menyisakan 10 lap terakhir.

Nasib sial juga dialami rekan satu tim Fabio Quartararo, Franco Morbidelli yang melebar di tikungan 3-4 meski akhirnya dia bisa kembali balapan.

Persaingan mulai memanas untuk merebutkan posisi terdepan, empat pembalap yakni Petrucci, Rins, Dovizioso dan Miller saling bersinggungan.

Jack Miller terpaksa kembali ke Paddock karena mengalami masalah mesin, sementara berselang satu putaran kemudian Alex Rins terjatuh saat menduduki di urutan kedua.

Tujuh putaran tersisa, Petrucci dan Dovizioso masih solid berada di urutan pertama dan kedua sementara Marquez membawa Repsol Honda di urutan ketiga.

Andrea Dovizioso harus bekerja keras karena dia tertinggal 2,1 detik lebih lambat dari Petrucci yang semakin menjauh untuk mengamankan posisinya.

Posisi rider asal Italia itu kini ditempel ketat oleh Alex Marquez yang sempat melakukan attack saat balapan memasuki putaran ke-23.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x