Kompas TV nasional peristiwa

Survei: 77 Persen Warga Jakarta Percaya Diri Tak Akan Tertular Virus Corona, Kok Bisa?

Kompas.tv - 5 Juli 2020, 17:09 WIB
survei-77-persen-warga-jakarta-percaya-diri-tak-akan-tertular-virus-corona-kok-bisa
Ilustrasi: sejumlah warga berbelanja kebutuhan lebaran di Pasar Klender, Jakarta Timur, Jumat (22/5/2020). Sebanyak 77 persen warga Jakarta percaya diri tak akan tertular virus corona. (Covid-19). (Sumber: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)
Penulis : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mayoritas warga DKI Jakarta percaya diri tak akan tertular virus corona (Covid-19). Pernyataan tersebut diungkapkan Pakar sosiolog bencana Nanyang Technological University (NTU) Singapura Sulfikar Amir.

Menurut dia, hasil survei yang dilakukan NTU bersama organisasi Lawan Covid-19 menunjukan bahwa 77 persen responden merasa risiko terjangkit Covid-19 sangat kecil.

"Mereka menganggap risiko terjangkit Covid-19 itu sangat kecil. Pada level individu itu sekitar 77 persen mereka menganggap tidak akan terkena covid-19, sangat kecil kemungkinan untuk terkena," ujar Sulfikar dalam webinar, Minggu (5/7/2020), dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: 32 Titik CFD Jakarta, Petugas Ingatkan Warga Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

Begitu juga pada level tertular dengan orang terdekat mereka seperti keluarga. Menurut Sulfikar, responden menganggap kemungkinan kecil tertular dari keluarga atau orang terdekat.

"Pada level orang sekitar (terdekat), itu sama angkanya sekitar 76 persen menanggap kemungkinan sangat kecil," tutur Sulfikar.

Angka yang hampir sama juga terlihat dari jawaban responden ketika ditanya seberapa besar kemungkinan orang di lingkungan seperti tetangga dan tempat tinggal menularkan Covid-19.

"Itu relatif tinggi 70 persen kemungkinan tertular sangat kecil," kata dia.

Baca Juga: Ini Faktor Banyak Pasar di DKI Jakarta Terpapar Covid-19

Pengaruh Perilaku Warga Jakarta

Sulfikar menuturkan, hasil responden ini tentunya memiliki pengaruh pada perilaku masyarakat Jakarta yang mungkin sudah menerapkan protokol kesehatan, tapi kurang waspada karena merasa kecil kemungkinan bisa tertular.

Kepercayaan diri masyarakat Jakarta yang merasa tidak akan tertular Covid-19 tersebut, lanjut Sulfikar, bisa jadi diakibatkan karena banyak dari mereka tidak mengetahui orang di sekitar lingkungan mereka yang pernah terkena Covid-19.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x