Kompas TV nasional update corona

Ini Faktor Banyak Pasar di DKI Jakarta Terpapar Covid-19

Kompas.tv - 4 Juli 2020, 22:55 WIB
ini-faktor-banyak-pasar-di-dki-jakarta-terpapar-covid-19
Suasana Pasar Induk. (Sumber: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menjelaskan faktor banyak pasar di DKI Jakarta terpapar virus corona (Covid-19) lantaran pedagang tidak mau menjalani tes swab.

Riza menyatakan hasil penelusuran Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta dan Tim gugus tugas para pedagang yang enggan menjalani tes swab karena khawatir dikucilkan.

Mereka, sambung Riza takut akan ancaman dikucilkan jika hasil tes swab menyatakan positif.

Baca Juga: Anak Berusia 2 Tahun Positif Korona dari Klaster Pasar

"Kami menyampaikan di beberapa daerah itu sangat menghindari tes karena takut ketahuan, bahkan di beberapa daerah itu pedagang pasar tidak mau dites," ujar Riza saat diskusi ‘Jelang Usai PSBB Transisi', Sabtu (4/7/2020). Dikutip dari Kompas.com.

Riza menambahkan meski banyak pedagang yang menolak untuk tes swab namun, Pemprov DKI Jakarta terus melakukan langkah persuasif dan meminta pedagang untuk menjalani pemeriksaan Covid-19.

Tujuannya untuk mencegah penyebaran Covid-19 di pasar makin meluas.

"Kami pastikan semua pedagang di-testing, kalau tidak mau, kami kejar dengan berbagai cara persuasif, akhirnya pedagang mau di-testing,” ujarnya.

Baca Juga: Blok A dan B Pasar Tanah Abang Tutup Sementara Usai 6 Pedagang Positif Corona

Selain gencar lakukan tes masif, kata Riza, Pemprov DKI juga memastikan aktivitas di pasar menerapkan protokol pencegahan Covid-19.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x