Kompas TV nasional berita kompas tv

Dampak Corona, 444 ABK Asal Indonesia Dipulangkan

Kompas.tv - 19 Juni 2020, 18:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - 444 anak buah Kapal Pesiar Costa MV. Eurodam  tiba di Dermaga Jakarta Internasional Container Terminal/JICT Dua, Tanjung Prio, Jakarta Utara.

Ratusan awak Kapal Pesiar Asal Belanda ini dipulangkan ke tanah air karena pihak perusahaan menghentikan aktivitas pelayarannya hingga batas waktu yang belum ditentukan, akibat pandemi corona.

Dalam proses penjemputan, ABK dievakuasi dengan menggunakan 5 kapal thunder boat, dengan jarak 1,7 mil dari dermaga. Protokol kesehatan pun diterapkan saat kedatangan para ABK ini.

Barang bawaan ABK turut diperiksa menggunakan x-ray serta disterilkan dengan disemprot cairan disinfektan.

Usai didata ratusan ABK ini dibawa ke penginapan yang terletak di dua lokasi yakni di Jakarta Barat dan Jakarta Pusat untuk jalani pemeriksaan medis.

Rencananya ratusan abk ini akan menjalani test swab. Jika hasilnya didapati ada ABK yang positif terinfeksi virus covid 19, maka akan langsung dibawa ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran.

Sementara itu, bagi yang negatif covid 19 akan dikarantina selama 14 hari ke depan, sebelum dipulangkan ke daerah asalnya.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x