Kompas TV nasional berita kompas tv

Jokowi Ajak Masyarakat Jadikan Ramadan Momentum Memutus Penyebaran Covid-19

Kompas.tv - 23 April 2020, 21:55 WIB
jokowi-ajak-masyarakat-jadikan-ramadan-momentum-memutus-penyebaran-covid-19
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memimpin rapat terbatas (ratas) soal dampak Covid-19 terhadap sektor pariwisata secara telekonferensi dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis, (16/4/2020). (Sumber: Youtube: Sekretariat Presiden)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV - Presiden Joko Widodo mengajak masyarakat untuk menjadikan ramadan sebagai momentum memutus penyebaran virus corona (Covid-19).

Jokowi menyatakan pandemi global Covid-19 masih berlangsung saat bulan Ramadan dan memaksa umat untuk menjalankan puasa dengan suasana berbeda. Seperti tidak ada kesemarakan di jalan dalam menyambut puasa hingga ruang masjid berada dalam keheningan. 

Namun, suasana baru yang dirasakan bersama dapat diresapi sebagai makna sejati dalam menjalankan ibadah puasa.

Baca Juga: Resmi! 1 Ramadan 1441 H Ditetapkan pada Jumat, 24 April 2020

"Maka, sembari bepuasa, mari tetap berikhtiar untuk memutus rantai penyebaran virus global ini, dengan hidup sehat dan berdoa agar pandemi ini segera berlalu. Selamat menjalankan ibadah puasa," kata Jokowi dalam akun Twitternya @jokowi, Kamis (23/4/2020).

Pemerintah menetapkan 1 Ramadhan 1441 Hijriah yang menandai ibadah bulan puasa 2020 jatuh pada Jumat (24/4/2020). 

Penetapan awal Ramadhan ini berdasarkan sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama pada Kamis (23/4/2020) sore. Rapat dipimpin oleh Menteri Agama Fachrul Razi. 

Baca Juga: Bulan Ramadan di Tengah Wabah Virus Corona, Ini Harapan Sandi Sute

Menurut Fachrul, dalam sidang isbat disepakati, Jumat besok sebagai 1 Ramadhan 1441 H berdasarkan perhitungan hisab dan pemantauan hilal.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x