Kompas TV nasional berita kompas tv

Berenang di Aliran Sungai Citepus Yang Sudah di Sulap Jadi Bersih

Kompas.tv - 30 Desember 2019, 14:41 WIB
Penulis : Dea Davina

Kota Bandung kini memiliki ruang publik baru dengan menyulap sungai yang tadinya kotor,  menjadi sungai yang bisa digunakan untuk berenang, khususnya untuk anak-anak. Sungai aliran citepus ini merupakan penataan aliran sungai di kawasan babakan irigasi Bandung .

Kafe Walungan, itulah nama ruang publik baru di Kawasan Babakan Irigasi , Kelurahan Cibadak, Kecamatan Astana Anyar, Kota Bandung . Walungan sendiri merupakan bahasa sunda, yang dalam bahasa indonesia berarti sungai .

Ruang publik ini adalah sungai aliran citepus yang dulunya kotor dan berbau disulap menjadi sungai yang bersih, yang disaring menggunakan biocord, atau teknologi instalasi mengubah air sungai yang kotor menjadi lebih jernih.

Dinamai Kafe Walungan, karena letaknya yang bersebelahan dengan pasar ulekan, yang menjual makanan ringan maupun berat. Sehingga setelah warga membeli makan, kemudian menyantapnya di Kafe Walungan ini.

Terlihat anak-anak dengan gembiranya, bermain dan berenang, memanfaatkan ruang publik baru di masa liburan sekolah ini . Bahkan sejak diresmikan minggu lalu oleh wali Kota Bandung , oded m danial , anak-anak ini mengaku berenang setiap hari disini.

Salah satu warga babakan irigasi mengatakan , bersyukur dengan adanya kafe walungan tersebut , sehingga bermanfaat , khususnya bagi anak-anak , agar tidak bermain gawai terus menerus.
Penataan aliran sungai ini bersumber dari APBD Kota Bandung , dengan total anggaran 550 juta rupiah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x