Kompas TV nasional peristiwa

Gelapnya Nasib Sum Kuning, Korban Pemerkosaan Dituding Sebar Berita Palsu, Mirip Kasus Vina Cirebon

Kompas.tv - 25 Mei 2024, 11:07 WIB
gelapnya-nasib-sum-kuning-korban-pemerkosaan-dituding-sebar-berita-palsu-mirip-kasus-vina-cirebon
Berita pemerkosaan Sum Kuning di Harian Kompas (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kasus ini sudah berlalu lebih dari 50 tahun silam. Namun sering diangkat dalam pemberitaan, karena menyangkut nasib perempuan kelas bawah yang diperkosa namun tak pernah menemukan titik terang tentang siapa para penjahat sebenarnya.

Bahkan Sum Kuning dituding menyebarkan berita palsu alias hoaks. Kasus ini punya kemiripan dengan kasus Vina di Cirebon, yang dalangnya masih belum terungkap. 

Kasus ini terjadi pada 21 September 1970. Sum Kuning yang bernama lengkap Sumaridjem, seorang penjual telor di Yogyakarta, yang harus pulang sendirian ke rumahnya setelah berjualan.

Ini aktivitas rutin yang dia jalani setiap hari. Kala itu hari sudah petang, jalanan lengang. Kendaraan umum yang lewat Ngampilan, yang biasa dia naiki, hanya hingga pukul 05.00 sore.

Dengan terpaksa Sum berjalan kaki ke arah utara, melewati Jalan Patuk menuju ke Jalan Ngupasan. Sesampainya di Ngupasan, bus kota yang menuju ke arah Godean tidak kunjung datang. Ia pun berjalan dengan penuh rasa waswas karena hari sudah gelap dan kondisi jalanan sudah sangat sepi. Sewaktu Sum melintas di timur Asrama Polisi Patuk, tiba-tiba ada sebuah mobil yang hampir menyerempet dan berhenti di dekatnya. 

Mengutip Kompas. com, di dalamnya ada segerombolan pemuda berambut gondrong turun dari mobil dan menculiknya. Di dalam mobil, Sum diancam menggunakan belati yang ditempelkan di lehernya. Mobil bergerak mengitari Jalan Diponegoro menuju ke Bumijo, dan tidak lama kemudian Sumaridjem dibius hingga hampir tidak sadarkan diri. 

Baca Juga: Polda Metro Jaya Siap Bantu Buru 3 Buron Kasus Pembunuhan dan Pemerkosaan Vina Cirebon

Malam itu Sum diperkosa oleh para pemuda tersebut. Bukan hanya itu, uang hasil dagangannya sejumlah Rp4.650 juga diambil. Sumaridjem kemudian dibuang tepi Jalan Wates-Purworejo, daerah Gamping, Sleman, saat hari masih gelap. 

Dengan tertatih, Sumaridjem berjalan menuju ke arah Kota Yogyakarta. Ketika hari mulai terang, dengan sisa uang Rp100, Sumaridjem menghentikan sebuah becak. Sumaridjem pun diantarkan ke rumah salah seorang langganannya bernama Nyonya Sulardi di Bumijo. 

Singkat kata, kasus ini mampir ke tangan polisi. Kejadian ini membuat gempar warga Yogyakarta. Seminggu kemudian, 28 September 1970, tersiar kabar bahwa para penculik dan pemerkosa Sum akan diarak. Ribuan orang pun berkumpul di kantor polisi selatan Malioboro untuk menyaksikan arakan tersebut. Namun tidak terjadi apa-apa, karena pelaku belum ada yang tertangkap. 

Sebaliknya, selesai pemeriksaan di rumah sakit, Sum malah ditahan polisi. Dia dituding menyebarkan berita palsu, yang istilah sekarang lebih dikenal dengan sebutan hoaks.



Sumber : Kompas.com, Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x