Kompas TV nasional humaniora

Daftar Obat-obatan yang Wajib Dibawa ke Tanah Suci Saat Ibadah Haji

Kompas.tv - 10 Mei 2024, 13:28 WIB
daftar-obat-obatan-yang-wajib-dibawa-ke-tanah-suci-saat-ibadah-haji
Kementerian Agama mencatat ada 45.000 calon jemaah haji yang berusia lanjut (lansia) yang akan berangkat ke Tanah Suci tahun ini. Kemenag meminta para calon Jemaah yang berusia 65 tahun ke atas itu, serta calon jemaah haji lainnya, untuk menjaga kondisi fisiknya tetap bugar dan sehat. (Sumber: Kemenag)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Agama mencatat ada 45.000 calon jemaah haji yang berusia lanjut (lansia) yang akan berangkat ke Tanah Suci tahun ini. Kemenag meminta para calon Jemaah yang berusia 65 tahun ke atas itu, serta calon jemaah haji lainnya, untuk menjaga kondisi fisiknya tetap bugar dan sehat.

Berdasarkan catatan Tim Penanganan Krisis dan Pertolongan Pertama pada Jemaah Haji (PKP3JH), terdapat beberapa penyakit yang rentan dialami jemaah haji saat di tanah suci.

"Ada beberapa penyakit yang sering dialami jemaah haji, yaitu: Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA), diakibatkan karena kerumunan besar jemaah, polusi udara, dan perubahan suhu yang drastis di Mekah dan Madinah," kata Kasi Lansia, Disabilitas, dan PKP3JH Daker Madinah, Leksmana, di Madinah, Kamis (9/5/2024).

"Gangguan pencernaan, seperti diare, muntah, atau sakit perut, yang disebabkan oleh perubahan pola makan, air minum yang berbeda, dan sanitasi yang mungkin tidak memadai juga perlu diwaspadai," ujarnya seperti dikutip dari laman resmi Kemenag.

Selain itu, dehidrasi menjadi risiko yang serius terutama jika jemaah tidak cukup minum air. Lantaran suhu di Mekkah dan Madina bisa mencapai 40 derajat celcius.

Baca Juga: Bacaan Doa untuk Orang yang Akan Berangkat Haji dalam Bahasa Arab dan Artinya

Penyakit kulit, infeksi jamur, ruam panas, atau luka akibat gesekan pakaian bisa terjadi karena panas dan kelembapan yang tinggi.

"Penyakit menular, seperti flu, demam, atau penyakit menular lainnya karena interaksi dengan jemaah dari berbagai negara dengan kondisi kesehatan yang berbeda juga perlu diantisipasi," ujarnya.

Leksmana menambahkan, penyakit yang sudah diderita calon jemaah sebelumnya seperti hipertensi, diabetes, atau penyakit jantung, bisa menjadi lebih sulit dikontrol. Hal itu karena perubahan pola makan, kurang istirahat, dan stres selama perjalanan.

"Serta trauma atau cedera, terutama karena kerumunan besar dalam melakukan ritual seperti tawaf dan melempar jumrah," tuturnya.

Baca Juga: Tips Melatih Fisik agar Kuat Menjalani Ibadah Haji

Untuk itu, ia merekomendasikan beberapa obat yang disarankan untuk dibawa oleh jemaah haji, yaitu:

1. Obat Antidiare,

2. Obat Pencernaan,

3. Obat Pereda Nyeri,

4. Obat Alergi,

5. Obat untuk masalah Kulit,

6. Obat flu dan batuk,




Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x