Kompas TV nasional peristiwa

Menkominfo Budi Arie Sebut Presiden Jokowi Dukung Investasi Microsoft di Indonesia

Kompas.tv - 30 April 2024, 11:40 WIB
menkominfo-budi-arie-sebut-presiden-jokowi-dukung-investasi-microsoft-di-indonesia
Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi (kedua kiri) berbincang dengan CEO Microsoft Corporation Satya Nadella (pertama kiri) usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (30/4/2024). (Sumber: Kompas.tv/Ant/Yashinta Difa)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo atau Jokowi mendukung investasi Microsoft di Indonesia dalam pengembangan teknologi di berbagai sektor.

“Pokoknya mendukung, kerja sama Microsoft dan Indonesia terus,” kata Budi yang mendampingi Jokowi dalam pertemuan dengan CEO Microsoft Satya Nadella di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (30/4/2024).

Budi mengatakan bahwa pertemuan tersebut membahas pengembangan berbagai sektor, termasuk teknologi di bidang agrikultur, pertanian, hingga perikanan yang membutuhkan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Baca Juga: CEO Microsoft Satya Nadella akan Bertemu Jokowi di Indonesia, Sudah Tiba di Istana

Pihaknya optimistis bahwa dengan adanya pemanfaatan teknologi ini, Indonesia dapat berkembang menjadi negara maju.

Terkait dengan lokasi investasi pusat riset Microsoft, Budi belum bisa menyampaikan. Ia hanya bilang bahwa pemerintah Indonesia menawarkan Bali dan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Adapun, soal nilai investasi yang akan digelontorkan Microsoft di Indonesia, Budi bilang bahwa biar pihak Microsoft yang menyampaikan. 

“Musti dia yang ngomong kan, kalau saya kan gak enak. Belum announce. 1 koma sekian billion USD dalam beberapa tahun, tapi biar dia yang ngomong kan,” terangnya, dikutip dari laporan jurnalis KompasTV.

Nilai investasi tersebut akan digunakan untuk berbagai hal, termasuk pusat riset dan pengembangan transformasi digital di Indonesia.

“Macam-macam dong. Pusat riset. Kan yang penting pusat riset. Kan isu paling penting buat Indonesia transformasi digital, nah transformasi digital kuncinya apa? Kan orang juga, human capital. Jangan dianggap remeh lho,” papar Budi.

Baca Juga: Menkominfo: Setelah CEO Apple, Akhir Bulan Indonesia Kedatangan Satya Nadella CEO Microsoft

“Pembangunan jangan cuma fisik aja. Pembangunan human capital ini penting,” sambungnya.

Sebagai informasi, ini merupakan kali ketiga Satya Nadella berkunjung ke Indonesia. Sebelumnya, ia pernah ke Indonesia pada 2016 dalam acara Microsoft Developer Festival atau peringatan 20 tahun Microsoft di Indonesia.

Kunjungan kedua terjadi pada 2020 saat Nadella menghadiri konferensi pengembang aplikasi “Indonesia Digital Economy Summit 2020” di Jakarta.


 




Sumber : Kompas TV, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x