Kompas TV nasional peristiwa

Sebut Pembunuhan Danramil Aradide oleh OPM Bukan Kriminal Biasa, Anggota Dewan: kalau Perlu, Bom!

Kompas.tv - 13 April 2024, 19:00 WIB
sebut-pembunuhan-danramil-aradide-oleh-opm-bukan-kriminal-biasa-anggota-dewan-kalau-perlu-bom
Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo di Kompas Petang, Kompas TV, Sabtu (13/4/2024) menyebut serangan oleh anggota OPM yang mengakibatkan Danramil 1703-04/Aradide Letda Inf Oktovianus Sokolray gugur, bukan tindakan kriminal biasa. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV – Serangan oleh anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang mengakibatkan Danramil 1703-04/Aradide Letda Inf Oktovianus Sokolray gugur, bukan tindakan kriminal biasa.

Pendapat itu disampaikan oleh anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi dalam dialog Kompas Petang, Kompas TV, Sabtu (13/4/2024).

Menurut Bobby, penyerangan itu sudah merupakan taktik perang dan menggunakan intelijen. Oleh sebab itu, menurutnya, perlu ada satu kesamaan dalam penanganan OPM.

“Kita perlu ada satu kesatuan di lembaga pemerintah itu sendiri, karena kalau kita lihat apa yang dilakukan terhadap Danramil itu bukan kriminal, dia sudah bisa memahami siapa Danramil itu, diserang saat tidak memakai baju seragam,” bebernya.

Baca Juga: Penjelasan Panglima TNI dan Kadispenad soal Perubahan Nama KKB jadi OPM

“Rutenya pun, jamnya sudah tahu, ini kan sudah taktik perang, sudah ada intelijen pasti. Ini bukan kriminal biasa,” tambahnya menegaskan.

Bahkan, Bobby berpendapat aksi OPM itu tidak sekadar ‘bukan kriminal biasa’, melainkan tindakan kombatan militer.

“Ini sudah kombatan, militer. Ini sudah kombatan milter. Kalau kita lihat yang ada di video itu, jelas video itu bukan senjata pencurian seperti maling ayam, bukan itu.”

“Itu adalah senjata perang, dan perangnya bukan hanya spek penegakan hukum. Jadi senapan sama-sama senapan, tapi kalau kita lihat senapan yang dipegang oleh yang ada di video tersebut, itu senapan perang, yang ada otomatisnya,” bebernya.

Oleh sebab itu, lanjut Bobby, diperlukan kesepahaman, karena operasi militer dengan operasi penegakan hukum merupakan hal yang berbeda, termasuk dalam penindakan dan penanggulangannya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x