Kompas TV nasional hukum

3 Momen Unik Sidang MK: Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Tertidur, BW Walk Out, 4 Menteri Hadir

Kompas.tv - 6 April 2024, 08:50 WIB
3-momen-unik-sidang-mk-ketua-kpu-dan-ketua-bawaslu-tertidur-bw-walk-out-4-menteri-hadir
Suasana sidang lanjutan sengketa hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Senin (1/4/2024). (Sumber: Tribunnews/Irwan Rismawan)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sidang sengketa atau Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 yang tengah bergulir di Mahkamah Konstitusi (MK) tengah menjadi sorotan publik.

Dalam sidang sengketa ini, kubu paslon 01 Anies-Muhaimin dan kubu paslon 03 Ganjar-Mahfud memohon agar cawapres 02 Gibran Rakabuming Raka didiskualifikasi dan meminta pemungutan suara ulang (PSU).

Pada sidang yang digelar pekan ini, terdapat sejumlah momen menarik yang terjadi selama persidangan. Berikut Kompas.tv rangkum momen menarik di sidang MK.

Baca Juga: Hakim MK Mulai Gelar RPH Sengketa Pilpres, Diikuti 8 Hakim Tanpa Anwar Usman

1. Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Tertidur

Pada sidang yang digelar pada Selasa (2/4/2024) kemarin, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari mendapatkan teguran dari Ketua MK Suhartoyo karena tampak tertidur.

Momen ini terjadi saat Guru Besar Ekonomi Politik Institut Pertanian Bogor (IPB) Didin Damanhuri menjelaskan pemaparannya terkait bantuan sosial (bansos).

Suhartoyo mempersilakan para pihak, termasuk kepada KPU selaku pihak Termohon, untuk melakukan pendalaman usai Didin selesai memaparkan. 

“Pak Hasyim tidur, ya?” tanya Suhartoyo setelah tak ada respons dari Hasyim maupun komisioner KPU lain.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rahmat Bagja juga mendapatkan teguran. Hal ini terjadi usai Direktur Pusat Kajian Representasi Sosial Risa Permanadeli menyampaikan presentasinya.

"Bawaslu itu tidur, Pak Ketua? Mau bertanya tidak?" kata Suhartoyo kepada Rahmat Bagja.

Baca Juga: Kala Hakim MK Pertanyakan Minimnya Peran Mensos Risma saat Pembagian Bansos Dibanding Menteri Lain

2. BW Walk Out

Momen menarik lainnya datang dari kubu Anies-Muhaimin. Anggota tim hukum AMIN, Bambang Widjojanto walk out atau meninggalkan ruang sidang saat eks Wamenkumham Eddy Hiariej hendak menyampaikan keterangannya sebagai ahli, Kamis (4/4/2024).

Hal ini terjadi sesaat setelah Eddy Hiariej maju ke podium. Bambang tiba-tiba meminta izin kepada majelis hakim untuk keluar dari ruang sidang.

“Majelis, karena tadi saya merasa keberatan, saya izin untuk mengundurkan diri ketika rekan saya, Profesor Hiariej, akan memberikan penjelasan. Nanti saya akan masuk lagi di saksi ahli yang lain,” kata Bambang.

Bambang menyebut, aksi walkout itu merupakan bentuk konsistensi dari sikapnya. Ketua MK Suhartoyo lantas mengizinkan dan mempersilakan Bambang Widjojanto untuk keluar.

Baca Juga: MK Diminta Hadirkan Presiden Jokowi, Ngabalin: Buat Apa, Menteri Hadir Saja Enggak Bisa Bertanya

3. Menteri Jokowi Hadir

Sebanyak empat menteri hadir dalam sidang di MK yang digelar kemarin Jumat (5/5/2024). Mereka adalah Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, dan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini.

MK memanggil empat menteri tersebut untuk memberikan keterangan terkait dugaan politisasi bansos seperti yang didalilkan pihak pemohon.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x