Kompas TV nasional peristiwa

Sambut Lebaran 2024, Kereta Cepat Whoosh Tambah Perjalanan hingga 52 Trip Per Hari

Kompas.tv - 5 April 2024, 16:09 WIB
sambut-lebaran-2024-kereta-cepat-whoosh-tambah-perjalanan-hingga-52-trip-per-hari
PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) bersama sejumlah pihak terkait akan menutup akses tol menuju Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Halim, mulai Minggu (18/2/2024). Akses tol itu tepatnya berada di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 00+850 A. (Sumber: KCIC)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menjelang liburan Lebaran 2024, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) selaku operator Kereta Cepat Whoosh mengambil langkah antisipatif dengan menambah jumlah perjalanan harian.

Penambahan jadwal ini dilakukan sebagai bentuk kesiapan KCIC dalam melayani potensi lonjakan penumpang pada masa libur panjang tersebut.

"Kereta Cepat Whoosh akan menghadapi momen libur Lebaran perdananya di tahun 2024 ini setelah pertama kali diluncurkan pada Oktober 2023," ujar General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa, dikutip dari Kompas.com, Jumat (5/4/2024).

Baca Juga: BPTD Kelas II Gorontalo Pastikan Armada Bus di Terminal Dungingi Siap beropersi Saat Mudik Lebaran

Menurut Eva, KCIC melakukan penambahan jadwal perjalanan harian Whoosh sebanyak 30 persen. Sehingga, pada periode angkutan Lebaran 2024 yang berlaku mulai tanggal 3-18 April 2024, terdapat 40 perjalanan reguler dan 12 perjalanan tambahan Whoosh setiap harinya.

Dengan penambahan jadwal ini, total ada 52 perjalanan Whoosh setiap harinya mulai Jumat (5/4/2024) untuk melayani penumpang selama masa libur Lebaran. Hal ini membuat waktu antara keberangkatan atau headway pada jam sibuk mencapai 25 menit.

Baca Juga: Aturan Lengkap Ganjil Genap Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran 2024, Ada Sanksi jika Melanggar

"Hal ini membuat para penumpang bisa memiliki lebih banyak opsi untuk memilih jadwal perjalanan yang sesuai dengan kebutuhannya," ujar Eva.

Selain penambahan jadwal, KCIC juga menyiapkan berbagai layanan tambahan untuk membuat perjalanan penumpang Whoosh semakin nyaman. Di antaranya adalah sebagai berikut ini.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Pelabuhan Bakauheni Kian Padat

Layanan restorasi di atas kereta, yang mulai dioperasikan pada masa angkutan Lebaran 2024 ini.

  1. Penempatan sekitar 524 petugas pengamanan per hari untuk memastikan keselamatan dan keamanan di stasiun kereta serta jalur lintas operasional Whoosh.
  2. Pemasangan total 1.396 CCTV di sepanjang jalur kereta cepat dan stasiun sebagai upaya pemantauan keamanan perjalanan.
  3. Penambahan 24 petugas tambahan yang akan difungsikan sebagai passenger service mobile untuk membantu mengarahkan dan memberikan informasi kepada penumpang.
  4. Pembagian takjil gratis untuk penumpang pada jadwal tertentu, khususnya yang mendekati waktu berbuka puasa.
  5. Peningkatan layanan dengan menghadirkan beragam tenant seperti minimarket, retail, serta kuliner seperti coffee shop dan restoran di area tunggu penumpang.

Baca Juga: Lebaran Jumlah Pengiriman Pada Jasa Ekspedisi Naik 50 Persen

KCIC juga terus membuka kemudahan bagi penumpang dalam melakukan perubahan tiket kereta secara daring melalui aplikasi Whoosh dan situs KCIC. Dengan layanan ini, penumpang tidak lagi perlu datang ke stasiun untuk mengubah jadwal tiketnya.

Penambahan jadwal perjalanan Whoosh ini juga diimbangi dengan penambahan jadwal perjalanan KA Feeder oleh KAI menuju Bandung dan Cimahi. Hal ini dilakukan untuk memastikan konektivitas yang baik bagi para penumpang.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x