Kompas TV nasional peristiwa

16.957 Kendaraan Lewat Gerbang Tol Kalikangkung, Waktu di Rest Area Dibatasi

Kompas.tv - 5 April 2024, 15:55 WIB
16-957-kendaraan-lewat-gerbang-tol-kalikangkung-waktu-di-rest-area-dibatasi
Suasana arus lalu lintas menuju arah Jakarta di Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (25/4/2023). (Sumber: Kompas TV/Antara)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

SEMARANG, KOMPAS.TV - Menjelang Hari Raya Lebaran, arus lalu lintas di ruas Tol Kalikangkung, Kota Semarang, Jawa Tengah, tercatat mengalami peningkatan yang signifikan.

Berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan, sebanyak 16.957 kendaraan dari arah Jakarta telah memasuki Gerbang Tol Kalikangkung pada pukul 12.00 WIB. Jumlah tersebut menunjukkan peningkatan sekitar 66 persen dibandingkan hari-hari biasa.

Menyikapi lonjakan arus kendaraan ini, manajemen Tol Semarang-Batang mengambil langkah antisipatif dengan memberlakukan pembatasan waktu maksimal 30 menit bagi pengunjung di rest area sepanjang ruas jalan tol tersebut. Hal ini dilakukan untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas dan menghindari kemacetan yang lebih parah.

Baca Juga: BPTD Kelas II Gorontalo Pastikan Armada Bus di Terminal Dungingi Siap beropersi Saat Mudik Lebaran

Menurut Direktur Utama Jasa Marga Jalan Tol Semarang-Batang, Nasrullah, langkah ini perlu dilakukan karena diprediksi jumlah kendaraan yang akan melintas di Tol Semarang-Batang akan meningkat secara signifikan selama masa mudik Lebaran.

"Kita akan umumkan di rest area agar pengunjung tidak lebih dari 30 menit karena pasti traffic kita tinggi ya dibandingkan dengan traffic hari normal," ujarnya dikutip dari Kompas.com, Jumat (5/4/2024).

Baca Juga: Pemudik Naik 5 Persen Di Bandara Dominic Edward Sorong

Lebih lanjut, Nasrullah menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan 4 rest area yang tersebar di sepanjang Tol Semarang-Batang, yaitu di KM 379 arah Semarang, KM 391 arah Semarang, serta KM 389 dan 360 arah Jakarta.

Apabila terjadi kepadatan di salah satu rest area, maka pihak manajemen tol akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk mengarahkan pengendara ke rest area lainnya.

Baca Juga: Ratusan Pemudik Tujuan Kalimantan Berangkat Melalui Pelabuhan Makassar

Sementara itu, Staf Direktorat Lalu Lintas Kementerian Perhubungan, Hasna, mengatakan bahwa hingga saat ini belum ada rencana pemberlakuan sistem one way di Tol Kalikangkung Semarang.

"Kalau untuk one way akan diinformasikan lebih lanjut, tapi sampai saat belum ada informasi," ujarnya.

Baca Juga: BMKG Imbau Pemudik Waspada! 27 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat dan Angin Kencang pada 5-7 April 2024

Pembatasan waktu di rest area dan koordinasi dengan pihak kepolisian diharapkan dapat membantu mengurai kepadatan lalu lintas di Tol Kalikangkung Semarang selama masa mudik Lebaran.

Meski begitu, pihak pengelola tol tetap akan memantau situasi secara ketat dan siap mengambil langkah-langkah tambahan jika diperlukan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x