Kompas TV nasional peristiwa

BMKG: Saat Mudik Lebaran 2024 Hujan Diprediksi Guyur Wilayah Indonesia

Kompas.tv - 2 April 2024, 17:27 WIB
bmkg-saat-mudik-lebaran-2024-hujan-diprediksi-guyur-wilayah-indonesia
Seorang ibu menggendong anaknya melewati genangan air saat hujan deras mengguyur di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan, Sabtu (6/1/2024) (Sumber: KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mendekati periode mudik Lebaran tahun 2024, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca yang perlu diperhatikan oleh masyarakat. 

Menurut Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR RI dan pihak terkait, wilayah Indonesia diharapkan siap menghadapi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang dari tanggal 3 hingga 9 April 2024.

"Secara umum, pada periode 3 hingga 9 April 2024 wilayah Indonesia mengalami curah hujan dalam kategori ringan hingga sedang," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam rapat kerja Komisi V DPR RI bersama Menteri Perhubungan, Menteri PUPR, Kakorlantas Polri, Kepala BMKG, dan Kepala Basarnas terkait Kesiapan Mudik Lebaran 2024 di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa.

Baca Juga: Peringatan Dini BMKG: 28 Wilayah Berpotensi Alami Hujan Lebat dan Angin Kencang pada 2-3 April 2024

Meskipun intensitas hujan diprediksi tidak begitu deras, Dwikorita menekankan perlunya kewaspadaan terhadap kemungkinan genangan dan banjir yang dapat terjadi.

Pada periode 10 hingga 16 April 2024, BMKG memproyeksikan cuaca cerah hingga berawan secara umum di wilayah Indonesia.

Namun, sekitar tanggal 17 hingga 23 April 2024 kembali diprediksi adanya hujan dengan intensitas ringan.

"Pada 17 hingga 23 April, hujan intensitas ringan hingga sedang," kata Dwikorita dikutip dari Antara.

Selain itu, BMKG juga memberikan informasi terkait kondisi gelombang laut selama periode mudik Lebaran.

Secara keseluruhan, tinggi gelombang di perairan Indonesia diperkirakan berkisar antara 0,5 hingga 1 meter, yang masuk dalam kategori rendah.

BMKG mengingatkan masyarakat bahwa beberapa perairan dapat menghadapi gelombang laut dengan ketinggian mencapai 2,5 meter, yang termasuk dalam kategori sedang.

Wilayah yang dimaksud antara lain di sekitar Sabang, barat Aceh hingga Kepulauan Mentawai, selatan Jawa hingga Pulau Sumba, dan Selat Bali.

Baca Juga: BMKG: 27 Wilayah Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem Hujan Lebat dan Angin Kencang pada 1-2 April 2024



Sumber : Kompas TV, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x