Kompas TV nasional hukum

Terungkap Motif Sopir Grabcar Culik Penumpang dan Minta Ditransfer Rp100 Juta, Kepepet Mau Nikah

Kompas.tv - 2 April 2024, 11:02 WIB
terungkap-motif-sopir-grabcar-culik-penumpang-dan-minta-ditransfer-rp100-juta-kepepet-mau-nikah
Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes M Syahduddi saat konferensi pers, Senin (1/4/2024). (Sumber: KOMPAS.com/RIZKY SYAHRIAL)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes M Syahduddi mengungkapkan motif sopir Grab berinisial M yang nekat memeras penumpangnya, yakni wanita bernama Cindy Pangestu beberapa waktu lalu.

Kombes M Syahduddi membeberkan bahwa pria berusia 30 tahun itu nekat melakukan upaya penculikan dan pemerasan karena membutuhkan uang untuk biaya pernikahan.

"Motif utama pelaku untuk mengancam dan meminta sejumlah uang karena kepepet mau menikahi pacarnya," kata Syahduddi dikutip dari Kompas.com, Senin (1/4/2024).

Baca Juga: Kronologi Penumpang Nyaris Diculik Sopir Grabcar: Diminta Uang Rp100 Juta, Korban Lompat dari Mobil

Syahduddi menjelaskan bahwa pelaku M memiliki rencana untuk menikahi pacarnya pada April 2024. Namun, tinggal sebulan lagi, ia belum memiliki dana untuk menggelar hajatan.

"Bulan April yang bersangkutan rencananya akan menikah, dan belum ada biaya untuk menikah dan akhirnya dia melakukan tindakan tersebut," ucap Syahduddi.

Saat menjalankan aksinya, kata dia, pelaku M merampas ponsel milik korban Cindy. Lalu, ia menuliskan nomor rekeningnya agar dikirimkan uang sebesar Rp100 juta disertai mengancam korban.

"Ia mengambil ponsel korban dan menunjukkan nomor rekening untuk meminta transfer uang sebesar Rp100 juta disertai ancaman," ujar Syahduddi.

Namun, saat itu korban Cindy mengaku tidak memiliki uang hingga ratusan juta rupiah. Melainkan hanya Rp500 ribu.

"Kemudian korban menjawab 'tidak punya uang sejumlah itu, kalau Rp500.000 ada, tapi kalau Rp100 juta tidak ada'," tutur Syahduddi.

Baca Juga: Polisi Tangkap Sopir Grabcar yang Culik Penumpang dan Minta Ditransfer Uang Rp100 Juta

Sebelumnya, seorang wanita bernama Cindy Pangestu menjadi sasaran penculikan, penganiayaan, dan pemerasan oleh sopir Grabcar pada Senin (25/3/2024) malam.

Pelaku memaksa korban mentransfer uang senilai Rp100 juta disertai ancaman. Jika tidak dituruti, sopir Grabcar itu mengancam akan membuang korban Cindy ke sungai. 

Cindy menceritakan, kronologi penculikan yang dialaminya berawal ketika dirinya hendak pulang ke rumah dari sebuah mal di Jakarta Barat. 

Ia pun memesan Grabcar, dan mobil tiba pukul 20.27 WIB. Saat menaiki mobil, Cindy merasa tak ada yang aneh. Namun di tengah jalan, sopir Grabcar itu tiba-tiba masuk jalan tol. Padahal, posisinya sudah dekat dengan rumah Cindy. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x