Kompas TV nasional politik

Gus Ipul Minta PKB Tak Persoalkan Hasil Pemilu: Akui Saja dan Ucapkan Selamat

Kompas.tv - 1 April 2024, 03:00 WIB
gus-ipul-minta-pkb-tak-persoalkan-hasil-pemilu-akui-saja-dan-ucapkan-selamat
Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf. (Sumber: PBNU via Antara)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf meminta Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menerima hasil pemilu dan mengucapkan selamat kepada pemenang. Pria yang akrab disapa Gus Ipul itu meminta PKB tidak banyak "bermanuver" terkait hasil Pemilu 2024.

“KPU sudah mengumumkan pemenangnya. Ya sudah, akui saja itu dan berikan ucapan selamat,” kata Gus Ipul melalui keterangan tertulis, Minggu (31/3/2024).

Menurutnya, manuver apa pun yang dilakukan PKB akan sia-sia. Ia pun mengingatkan dengan kenaikan suara yang diperoleh partai pimpinan Muhaimin Iskandar tersebut.

Baca Juga: Jokowi Gelar Buka Bersama Anggota Kabinet: Gus Miftah Tausiah, Menteri PDIP dan PKB Tidak Terlihat

Gus Ipul mengatakan, naiknya suara PKB bukan karena kerja pengurus saja, apalagi ketua umum. Ia menilai kenaikan suara PKB terjadi karena kerja kolektif pengurus NU di daerah.

“Jika pada saat perolehan suara PKB naik, itu bukan hanya kerja pengurusnya, tapi juga kerja dari para ustadz-ustadz kampung dan kiai-kiai yang juga ikut berjuang agar PKB tetap eksis,” kata Gus Ipul dikutip Antara.

“Jangan sampai diklaim apa yang ada saat ini itu hanya kerja ketua umumnya saja, tapi itu adalah hasil kerja kolektif pengurus NU daerah."

Sebelumnya, Gus Ipul telah meminta PKB meniru sikap NasDem yang telah menerima hasil pemilu. Ia mengaku prihatin karena PKB yang selama ini mengeklaim partai warga NU tidak segera menyampaikan pendapat dengan menerima hasil pilpres.

Hal tersebut disampaikan Gus Ipul usai Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyatakan bahwa pihaknya menerima hasil pemilu dan mengucapkan selamat kepada paslon terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Bang Surya Paloh negarawan. Saya sangat mengapresiasi dan ini layak ditiru oleh PKB,” kata Gus Ipul, Kamis (21/3).

Suara PKB pada Pemilu 2024 tercata naik dibanding Pemilu 2019. Pada 2023, berdasarkan penetapan KPU, PKB meraih 16.115.655 suara (10,62 persen) atau keempat terbanyak.

Sedangkan pada 2019, partai yang dipimpin Cak Imin itu mendapat 13.570.970 suara (9,69 persen).

Baca Juga: Ketum PBNU Sebut Hasil Pemilu 2024 Ketentuan Allah, Muhammadiyah Harap Bawa Indonesia Lebih Maju


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x