Kompas TV nasional peristiwa

Persiapan Angkutan Lebaran 2024, Dishub DKI Jakarta Gelar Tes Kesehatan dan Narkoba untuk Sopir Bus

Kompas.tv - 27 Maret 2024, 17:37 WIB
persiapan-angkutan-lebaran-2024-dishub-dki-jakarta-gelar-tes-kesehatan-dan-narkoba-untuk-sopir-bus
Ilustrasi. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengingatkan konsekuensi bagi pendaftar Program Mudik Gratis melalui bus yang tidak melakukan validasi ulang. Yaitu NIK calon pemudik secara otomatis akan diblok (banned). (Sumber: hubdat.dephub.go.id)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menggelar tes kesehatan bagi para sopir bus yang nanti akan bertugas saat angkutan Lebaran 2024, termasuk program Mudik Gratis dari Pemprov DKI.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, tes yang dijalani para sopir bus itu tidak hanya soal kondisi fisik, tetapi juga pemeriksaan narkoba.

"Untuk sopir armada ada tes kesehatan dan tes bebas narkoba. Itu sudah dilakukan," kata Syafrin dikutip dari Kompas.com, Rabu (27/3/2024).

Syafrin menuturkan bahwa pemeriksaan kesehatan bertujuan untuk memastikan para sopir bus angkutan Lebaran 2024 dalam keadaan sehat ketika mereka bertugas mengantar pemudik ke kampung halaman masing-masing.

"Lalu terpenting syarat utama adalah sopir bus sudah harus mengenal medannya. Artinya jika satu bus melayani ke Palembang, maka pengemudi harus memahami," ujar Syafrin.

"Artinya pengemudi akap melayani sehingga kesalahan di jalan karena ketidaktahuan sopir terhadap kondisi jalan bisa diminimalisir," imbuhnya.

Baca Juga: Cara Cek Kepadatan Lalu Lintas saat Mudik Lebaran 2024 via Google Maps

Seperti yang diketahui, pada tahun ini, Dishub DKI Jakarta kembali membuka program mudik gratis Lebaran 2024 dengan kuotta 18.760 orang.

Syafrin mengungkapkan, dalam program mudik gratis tersebut akan disediakan 259 armada bagi masyarakat dengan tujuan ke 19 daerah di enam provinsi di Indonesia.

"Untuk armada bus ada 259 unit khusus yang arus mudik. Terdapat 19 Kota/Kabupaten yang menjadi tujuan mudik yang tersebar di enam provinsi," ungkap Syafrin.

Lebih dari itu, Dishub juga menyiapkan 13 unit truk untuk arus mudik dan 10 unit untuk arus balik, yang akan digunakan untuk mengangkut motor pemudik. 

Dishub DKI telah menyelesaikan proses pemilihan penyedia. Rencananya, peserta mudik gratis 2024 akan diberangkatkan pada tanggal 4 April 2024.

"Pada tanggal 3 April itu pemberangkatan truk pengangkut sepeda motor dan 4 April untuk pemberangkatan bus pengangkut penumpang," ujar Syafrin.

Pada arus mudik Lebaran 2024 ini, diprediksi ada 193,6 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik. Dari jumlah tersebut sebanyak 27,76 persen pemudik akan menggunakan transportasi bus. 

Baca Juga: Mudik Lebaran 2024: DLU Siapkan 5 Kapal, Antisipasi Lonjakan 17% Pemudik di Semarang



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x