Kompas TV regional berita daerah

Mudik Lebaran 2024: DLU Siapkan 5 Kapal, Antisipasi Lonjakan 17% Pemudik di Semarang

Kompas.tv - 27 Maret 2024, 13:11 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Dalam acara pemberian santunan anak yatim, Manager Cabang PT Dharma Lautan Utama (DLU) Semarang, Herman Fajar, mengungkapkan antisipasi lonjakan pemudik di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang yang diprediksi naik sekitar 17 persen atau sekitar 13 ribu orang. Untuk itu, pihaknya telah menyiapkan lima kapal angkutan Lebaran 2024.

 

Herman menegaskan bahwa DLU pada dasarnya siap menyambut arus mudik Lebaran. Sebelumnya, hanya empat kapal reguler yang melayani empat lintasan: Semarang - Pontianak, Semarang - Kumai, Semarang - Sampit, dan Semarang - Ketapang. Namun, untuk mengantisipasi lonjakan tahun ini, DLU menambah satu kapal lagi, yaitu KM Kirana dengan kapasitas 1000 penumpang untuk lintasan Semarang - Kumai.

 

Herman Fajar juga menambahkan bahwa tahun ini DLU juga mendapat tugas untuk menyediakan layanan mudik gratis, khususnya dari Kumai - Semarang pada tanggal 4 April 2024, dan arus balik H+3 dari Semarang tanggal 24 April 2024.

 

Sementara itu, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Tanjung Emas Semarang, Herwanto, menyatakan bahwa prinsipnya kesiapan baik sarana dan prasarana serta moda angkutan kapal laut telah siap. Herwanto menambahkan bahwa posko Lebaran sendiri akan dimulai dari 26 Maret sampai 26 April 2024.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x