Kompas TV lifestyle tren

Cara Cek Kepadatan Lalu Lintas saat Mudik Lebaran 2024 via Google Maps

Kompas.tv - 27 Maret 2024, 14:35 WIB
cara-cek-kepadatan-lalu-lintas-saat-mudik-lebaran-2024-via-google-maps
Fitur Google Maps untuk mudik (Sumber: Kompas.com/soffyaranti)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mempersiapkan perjalanan mudik dengan seksama adalah kunci untuk menikmati momen Lebaran bersama keluarga. Salah satu persiapan penting adalah memeriksa kepadatan lalu lintas di ruas jalan yang akan dilalui. Beruntung, kita dapat memanfaatkan Google Maps untuk mendapatkan informasi tersebut secara real-time.

Google Maps menyediakan fitur kepadatan lalu lintas yang memberi gambaran visual tentang kondisi jalan saat itu. Jalan yang lengang akan ditandai dengan warna hijau, sementara jalan dengan kepadatan tinggi akan berwarna merah.

Fitur ini sangat bermanfaat bagi para pemudik untuk menghindari kemacetan dan mencari rute alternatif jika diperlukan.

Cara mengakses fitur kepadatan lalu lintas di Google Maps cukup sederhana:

Baca Juga: Mudik Lebaran 2024: DLU Siapkan 5 Kapal, Antisipasi Lonjakan 17% Pemudik di Semarang

  1. Pertama, buka aplikasi Google Maps di ponsel Anda. Kemudian, ketuk ikon "Overlay" atau "Hamparan" yang berbentuk tumpukan kotak di dekat pojok kanan atas.
  2. Pada bagian "Detail Peta" di pop-up, pilih opsi "Lalu Lintas". Seketika, Anda akan melihat peta dengan indikasi kepadatan lalu lintas di setiap ruas jalan.
  3. Untuk mendapatkan panduan navigasi yang lebih lengkap, Anda juga dapat menggabungkan fitur kepadatan lalu lintas dengan fitur penunjuk arah di Google Maps.
  4. Caranya, buat rute perjalanan dari lokasi keberangkatan ke lokasi tujuan, lalu aktifkan fitur "Lalu Lintas" seperti langkah sebelumnya.

Baca Juga: PT KAI Prediksi Puncak Arus Mudik 4 Hari Jelang Hari Raya Idul Fitri

Kolaborasi Korlantas Polri dan Google Maps

Menghadapi lonjakan pemudik yang diperkirakan mencapai 193 juta orang pada Lebaran 2024, Korlantas Polri telah berkolaborasi dengan Google Maps untuk menyajikan informasi terkini mengenai situasi lalu lintas.

Informasi yang akan ditampilkan meliputi pengalihan arus, buka-tutup arus, contraflow, dan sistem one way yang diterapkan selama Operasi Ketupat 2024 pada 4–16 April 2024.

Baca Juga: Asyik! Mudik Gratis Lebaran DKI Jakarta 2024 akan Dibuka Gelombang 2, Catat Jadwalnya

"Untuk Google Maps sendiri, prioritas kami adalah membantu pemerintah dalam mengaplikasikan peraturan-peraturan rekayasa lalu lintas yang diberikan untuk dapat diakses di Google Maps," ungkap Strategic Partnerships Development Manager Google Maps, Galuh Rohmah dikutip dari Kompas.com, Rabu (27/3/2024).

"Sehingga kami berusaha membantu masyarakat atau pemudik melakukan aktivitas mudik dengan nyaman, aman, dan juga lancar."

Baca Juga: Antisipasi Kecurangan, Ini Daftar 10 SPBU yang Diawasi Pemprov DKI Jakarta di Jalur Mudik


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x