Kompas TV nasional politik

Disebut PDIP Ingin Rebut Kursi Ketua DPR, Begini Kata Golkar

Kompas.tv - 27 Maret 2024, 07:49 WIB
disebut-pdip-ingin-rebut-kursi-ketua-dpr-begini-kata-golkar
Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono. (Sumber: Tangkapan layar/Nadia Intan)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono membantah pernyataan Sekjen DPP PDI Perjuangan atau PDIP Hasto Kristiyanto, yang menyatakan partainya ingin merebut kursi ketua DPR. 

Dave menjelaskan, dalam memutuskan seseorang menjadi ketua DPR itu mekanismenya diatur dalam Undang-Undang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (UU MD3).

Baca Juga: Golkar Yakin Masih Punya Peluang Duduki Kursi Ketua DPR RI, Hasto: Jangan Pancing PDI-P

Pasal 427D ayat (1) huruf b UU MD3 mengatakan ketua DPR adalah anggota DPR dari partai politik yang memperoleh kursi terbanyak pertama di DPR.

"Masih sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Di Baleg belum ada agenda untuk mengubah undang-undang tersebut," kata Dave kepada wartawan, Rabu (27/3/2024). 

Dave mengingatkan PDIP bahwa UU MD3 itu bisa diubah kalau ada kesepakatan dari mayoritas fraksi, bukan hanya keinginan dari Fraksi Partai Golkar. 

"Untuk mengubah undang-undang kan harus kesepakatan semua fraksi atau paling tidak mayoritas, bukan keinginan per fraksi," ujarnya. 

Sebelumnya, PDIP meminta Partai Golkar berkaca diri terkait manuver Golkar yang merasa bisa bepeluang menduduki kursi ketua DPR RI. 


Hasto mengingatkan mengenai jatah kursi pimpinan DPR sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang MPR, DPR dan DPD, dan DPRD  atau UU MD3. 

Baca Juga: Airlangga Pastikan Golkar Tak Buat Skenario untuk Rebut Kursi Ketua DPR

"Nah, teman yang dari Golkar itu harus belajar dari 2014, karena seharusnya di dalam norma politik yang kita pegang, tidak bisa undang-undang yang terkait hasil pemilu lalu diubah setelah Pemilu berlangsung," ujar Hasto saat konferensi pers di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Senin (25/3/2024).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x