Kompas TV nasional humaniora

Kemenag Minta Masyarakat Waspadai Tawaran Umrah dan Haji Khusus dengan Harga Murah

Kompas.tv - 26 Maret 2024, 03:45 WIB
kemenag-minta-masyarakat-waspadai-tawaran-umrah-dan-haji-khusus-dengan-harga-murah
Ilustrasi. Kementerian Agama mengimbau masyarakat untuk waspada dan tidak mudah percaya dengan tawaran paket murah biaya umrah dan haji khusus. (Sumber: Kemenag)
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Agama (Kemenag) mengimbau masyarakat untuk waspada dan tidak mudah percaya dengan tawaran paket murah biaya umrah dan haji khusus. 

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kemenag Jaja Jaelani mengatakan masyarakat harus melakukan cek dan ricek jika mendapat penawaran umrah dan haji khusus dengan biaya yang murah. 

Hal itu ia sampaikan dalam acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Calon Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Minggu (24/3/2024).

"Untuk melihat daftar penyelenggara umrah atau haji khusus yang berizin itu sudah ada di SISKOPATUH (Sistem Komputerisasi Pengelolaan Terpadu Umrah dan Haji Khusus)," kata Jaja, dikutip dari laman resmi Kemenag. 

Baca Juga: Ini Vaksin Wajib dan Sunah untuk Calon Jemaah Haji 2024

“Sekarang ini tidak kurang ada 2.573 travel yang melayani umrah ke Tanah Suci. Jangan tergiur dengan paket murah, bisa dicek apakah biro perjalanan yang menawarkan tersebut termasuk sudah berizin atau belum," sambungnya.

Ia meminta masyarakat tidak mudah tergiur tawaran harga paket murah yang di bawah harga referensi. Begitu juga dengan berbagai paket visa yang dijanjikan dapat digunakan dan memudahkan perjalanan ibadah ke Tanah Suci, baik untuk ibadah umrah ataupun ibadah haji.

Pengecekan perlu dilakukan sebelum masyarakat memilih biro perjalanan umrah maupun haji khusus. 

"Pastikan layanannya, pastikan penerbangannya, pastikan visanya, pastikan bagaimana layanan di Saudi. Sehingga jamaah haji kita ini betul-betul dapat melaksanakan ibadah umrah dengan nyaman," ujarnya.

Baca Juga: Apakah Cabut Gigi Membatalkan Puasa? Ini Penjelasan Dokter dan Fatwa MUI

Jaja mengaku mendapat aduan ada banyak penawaran beribadah haji tanpa antrean, begitu pun perjalanan umrah. Karenanya, ia kembali meminta masyarakat waspada. 

Sebab, dari kasus-kasus yang ditemukan, terdapat persoalan vendor gagal menyediakan tiket dan visa hingga berakibat jemaah gagal berangkat.

Ada juga kasus jemaah telantar karena pihak penyedia tidak menyiapkan layanan di Arab Saudi.



Sumber : KOMPAS TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x