Kompas TV nasional peristiwa

Peringatan Dini Cuaca BMKG: Ini Daftar Wilayah Terdampak Hujan Lebat Disertai Petir Hari Ini

Kompas.tv - 23 Maret 2024, 10:31 WIB
peringatan-dini-cuaca-bmkg-ini-daftar-wilayah-terdampak-hujan-lebat-disertai-petir-hari-ini
Ilustrasi hujan lebat. (Sumber: scroll.in)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini akan terjadinya hujan sedang hingga lebat yang mungkin disertai dengan petir di beberapa wilayah di Indonesia, termasuk Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, Gorontalo, Jawa Timur, dan Kalimantan Tengah, Sabtu (23/3/2024).

Wilayah lain yang juga mendapat peringatan serupa adalah Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Maluku, Papua, Papua Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatra Barat, dan Sumatera Selatan, serta diperkirakan hujan lebat akan mengguyur Lampung dan Sumatra Utara.

Baca Juga: Gempa Tuban: BMKG Catat 78 Gempa Susulan

Dikutip dari Antara, BMKG menekankan kemungkinan terjadinya hujan disertai petir kilat yang mungkin hanya berlangsung singkat di wilayah Bali, DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Nusa Tenggara Timur.

Untuk kondisi cuaca di siang hari, sebagian besar kota di Indonesia diperkirakan akan berawan, termasuk Banda Aceh, Serang, Bengkulu, Yogyakarta, Jakarta Pusat, Jambi, Bandung, Banjarmasin, Tarakan, dan Manado, sementara Mamuju, Palembang, dan Serang diperkirakan akan berawan sepanjang hari.

Baca Juga: BMKG Angkat Bicara Terkait Gempa M 6,5 Guncang Tuban Jatim

Beberapa kota berisiko mengalami hujan petir pada siang hari, yaitu Kupang, Bandar Lampung, dan Pontianak. Pontianak juga diperkirakan akan mengalami hujan petir pada dini hari.

Prediksi hujan ringan juga telah dikeluarkan untuk kota-kota seperti Medan, Padang, Kendari, Pekanbaru, Manokwari, Gorontalo, Palangkaraya, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Ambon, Ternate, Mataram, dan Jayapura, dengan Jayapura khususnya diperkirakan akan mengalami hujan dari siang hingga dini hari.

Baca Juga: Lagi, Gempa M 6,5 Guncang Tuban Sore Ini, BMKG: Getaran sampai Surabaya dan Yogyakarta



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x