Kompas TV nasional peristiwa

Gempa Tuban: BMKG Catat 78 Gempa Susulan

Kompas.tv - 22 Maret 2024, 23:17 WIB
gempa-tuban-bmkg-catat-78-gempa-susulan
Gempa mengguncang Tuban, Jawa Timur, Jumat (22/3/2024). (Sumber: Tangkapan layar laman BMKG)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

TUBAN, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban, Jawa Timur, mencatat terjadi 78 gempa susulan pascagempa yang terjadi Jumat (22/3/2024).

Seperti yang diketahui, beberapa kali gempa dengan kekuatan yang besar terjadi titik yang berjarak 130 kilometer timur laut Kabupaten Tuban.

"Sampai saat ini masih ada gempa susulan dan tercatat 78 kali gempa susulan sampai jam 19:42 WIB," kata Kepala BMKG Tuban Zem Irianto Padama, Jumat, dikutip dari Antara.

Zem mengungkapkan, ada tiga kali gempa yang dirasakan oleh masyarakat dan menyebabkan rusaknya rumah. 

Pertama, gempa utama berkekuatan magnitudo 6,0, lalu gempa susulan ke-6 yang berkekuatan magnitudo 5,3 serta gempa susulan yang ke-22 dengan kekuatan terbesar dengan magnitudo 6,5.

Akibat gempa-gempa tersebut, Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban menyebut sejumlah rumah roboh dan rusak sedang di sejumlah desa.

Gempa juga mengakibatkan Klenteng Kwan Sing Bio Tuban mengalami kerusakan pada genteng dan atap serta beberapa rumah sakit di Tuban melakukan protokol evakuasi.

Sebelumnya, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menjelaskan penyebab terjadinya gempa berkekuatan magnitudo (M) 6,0 yang mengguncang Tuban pada Jumat (22/3/2024) pukul 11.22 WIB.

Baca Juga: Gempa Bumi M 6,5 di Tuban Terasa hingga ke Kota Banjarmasin



Sumber : Kompas TV, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x