Kompas TV nasional humaniora

ASDP Imbau Pemudik Beli Tiket Kapal H-1: Jangan Baru Beli saat Menuju Pelabuhan

Kompas.tv - 22 Maret 2024, 21:50 WIB
asdp-imbau-pemudik-beli-tiket-kapal-h-1-jangan-baru-beli-saat-menuju-pelabuhan
PT ASDP Indonesia Ferry mengimbau pemudik yang ingin menyeberang di lintasan Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk, agar membeli tiket maksimal H-1 keberangkatan. Hal itu demi kelancaran dan kenyamanan selama penyeberangan. (Sumber: PT ASDP Indonesia Ferry)
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT ASDP Indonesia Ferry mengimbau pemudik yang ingin menyeberang di lintasan Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk, agar membeli tiket kapal maksimal H-1 keberangkatan. Hal itu demi kelancaran dan kenyamanan selama penyeberangan.  

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin mengatakan puncak arus mudik penyeberangan diprediksi pada Sabtu (6/4/2024) atau H-4 dan Minggu (7/4) atau H-3.

Lalu, untuk puncak arus balik Lebaran diprediksikan terjadi pada Minggu (14/4) atau H+3 dan Senin (15/4) atau H+4.

Ia menyampaikan, ASDP sudah membuka penjualan tiket online Ferizy sejak 60 hari sebelum hari keberangkatan.

Sehingga dengan melakukan reservasi perjalanan lebih awal, perjalanan menjadi lebih terjamin, aman, nyaman, dan tidak perlu mengantre. 

"Pastikan beli tiket online secara mandiri hanya di website Ferizy di trip.ferizy.com atau aplikasi Ferizy dan mitra resmi Ferizy. Mohon kerja sama pengguna jasa, jangan membeli tiket ketika baru menuju ke pelabuhan, dan hindari membeli tiket via calo di area pelabuhan," kata Shelvy dalam keterangan tertulisnya, Kamis (21/3/2024). 

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Minta Tarif Transportasi Jangan Naik Terlalu Tinggi saat Mudik Lebaran

Untuk mengantisipasi kenaikan jumlah pemudik yang signifikan dibandingkan tahun 2023, Shelvy berujar ASDP telah mempersiapkan layanan Angkutan Lebaran 2024 dengan matang. 

Mulai dari kesiapan Alat Produksi ASDP & Anak Usaha dalam Skala Nasional, mencakup koordinasi layanan oleh 27 cabang yang mengelola 36 pelabuhan dan 225 unit kapal (172 unit milik ASDP, 53 unit milik JN), yang akan melayani total keseluruhan 303 lintasan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Adapun jumlah penumpang angkutan Lebaran penyeberangan tahun ini diperkirakan mencapai 5,78 juta penumpang dan 1,37 juta unit kendaraan di 8 lintasan terpantau nasional yang berada di bawah koordinasi 9 cabang ASDP.

Sebelumnya, Dirut ASDP Ira Puspadewi menyatakan ASDP bersinergi dengan instansi berwenang untuk menjaga v/c ratio di bawah 0,8 selama periode Angkutan Lebaran 2024. Sehingga kelancaran arus kendaraan baik dari maupun menuju area sekitar pelabuhan, dapat terwujud. 

Baca Juga: KAI Daop 8 Pastikan Jalur Kereta Aman Dilewati setelah Gempa M6 Guncang Tuban

V/c ratio adalah perbandingan volume kendaraan dengan daya tampung jalan. 

“Perlu dipahami bersama bahwa pada puncak arus mudik yang diprediksi terjadi pada tanggal 6 dan 7 April 2024, antrean kendaraan masuk pelabuhan akan tetap ada," ungkap Ira. 

"Namun yang dapat dipastikan di sini adalah kelancaran arus lalu lintas penyeberangan bisa tercapai jika semua pihak sama-sama tertib dan penumpang telah bertiket maksimal pada H-1 melalui aplikasi Ferizy,” lanjutnya. 

Cara Pesan Tiket Kapal Ferry via Aplikasi Ferizy

1. Unduh aplikasi Ferizy di Google Playstore atau kunjungi melalui situs www.ferizy.com.

2. Daftar atau log in sesuai dengan alamat e-mail yang dimiliki.

Baca Juga: Kereta Api Majapahit Ekonomi Stainless Steel New Generation Akan Beroperasi 25 Maret



Sumber : KOMPAS TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x