Kompas TV nasional rumah pemilu

PPP Gagal Lolos ke Parlemen, Sandiaga: Saya Diperintah untuk Tidak Berkomentar

Kompas.tv - 22 Maret 2024, 10:12 WIB
ppp-gagal-lolos-ke-parlemen-sandiaga-saya-diperintah-untuk-tidak-berkomentar
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sandiaga Uno di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (18/8/2023). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sandiaga Uno enggan berkomentar atas gagalnya partai berlambang Kabah itu menembus ambang batas parlemen sebesar 4 persen di Pileg 2024 lalu.

Sandi mengatakan, dirinya diminta Plt Ketua Umum PPP Mardiono untuk tak berkomentar terkait hasil pileg. 

Baca Juga: Kehadiran Sandiaga Uno Dinilai Tak Punya Efek Elektoral Buat PPP, Ada Evaluasi Besar

Penetapan hasil perolehan suara nasional, PPP mendapat 5.878.777 suara atau 3,87 persen dari 151.796.630 suara sah nasional. 

"Sudah diperintah kepada saya untuk tidak berkomentar. Pak ketua umum sudah menyampaikan maklumat. Jadi semua statement akan diberikan oleh DPP PPP," kata Sandiaga kepada wartawan, Kamis (21/3/2024). 

Sandi menambahkan, Mardiono juga meminta kader PPP tetap optimistis atas hasil Pileg 2024.

"Saya diminta untuk tetap optimis semua kader dan proses ini masih berlangsung, jadi kita hormati," ujarnya. 

Sebelumnya, Anggota Mahkamah Partai DPP PPP Abdullah Mansyur tidak memungkiri potensi adanya evaluasi terhadap Sandiaga Uno sebagai Ketua Bappilu PPP. 

Abdullah menjelaskan meski Bappilu adalah badan Ad hoc dan bukan badan permanen. Sandi tetap memberi laporan pertanggungjawaban ke DPP terkait capaian PPP di Pemilu 2024. 

"Kalau lihat data kuantitatif memang Bang Sandi efeknya belum terlihat kalau lihat data kuantitatif ya gitu. Buktinya ya itu tadi malah turun," ujar Abdullah di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Kamis (21/3/2024) dikutip dari Kompas.com. 

Lebih lanjut Abdullah juga tidak menyangka perolehan suara PPP di Pemilu 2024 merupakan yang terburuk sepanjang 51 tahun PPP berdiri. 


 

Harapan PPP untuk lolos ambang batas parlemen hanya di Mahkamah Konstitusi. Itupun PPP harus bisa memuktikan selisih suara yang dicurangi. 

Baca Juga: PPP Gagal Lolos ke DPR, Sandiaga Uno: Saya Diminta Tak Komentar

"Sejarah dari tahun 1973 itu sudah 51 tahun baru tahun ini PPP dinyatakan tidak lolos oleh KPU dan kami tentu kaget juga prihatin," kata Abdullah.
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x